Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Mal

 207 total views,  6 views today

PALEMBANG – Masyarakat di Sumatera Selatan (Sumsel), yang hendak ingin membayar pajak kendaraanya tidak harus di kantor Samsat. Membayar pajak kendaraan tersebut, kini bisa dilakukan di mal.Sebab Pemprov Sumsel, akan menghidupkan kembali Samsat Corner, mulai minggu depan.

“Sebagai bentuk layanan dan rangka jemput bola kepada wajib pajak, mulai minggu depan bayar pajak kendarana bermotor (PKB) satu tahun, sudah bisa dilakukan di mal kecuali BBNKB dan ganti STNK masih tetap di samsat. pelayanannya juga buka hari libur. Bahkan untuk Sabtu dan minggu, jam pelayanan sampai malam,” kata Plt Sekda Sumsel, Mukti Sulaiman, Selasa (25/3).

Dengan kemudahan pembayaran pajak yang ditawarkan kepada para wajib pajak ini, Mukti berharap kedepan akan ada peningkatan pendapatan asli daerah hingga 5 persen.”Target PKB tahun ini Rp 688 Miliar, dengan samsat corner ini diharapkan ada kontribusi peningkatan hingga 5 persen dibandingkan kondisi normal,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel, Eppy Mirza menambahkan, pihaknya juga akan menambah dua samsat lagi di dua kabupaten baru di Sumsel, untuk meningkatkan penerimaan asli daerah dari pajak. “Samsat yang di Muratara rencananya akan dibuka tanggal 29 atau 30 bulan ini, yang di Pali akan dibuka pertengahan April mendatang,” ungkapnya.

Melalui dua samsat di kabupaten baru ini, Eppy mentargetkan kontribusi penerimaan pajak sebesar 2 persen dari total target atau sekitar Rp 20 miliar dari total Rp 600 miliar, yang dibebankan pada tahun ini. “Untuk Muratara besok peralatannya akan dibawa kesana,” terangnya.

Ia juga menerangkan, hingga 21 Maret lalu PKB yang sudah terealisasi mencapai 24,14 persen dari target Rp 668 Miliar dan 18,18 persen dari target BBNKB sebesar Rp 800 miliar. “Kita optimis target penerimaan 25 persen, untuk triwulan pertama akan tercapai,” bebernya.

Disinggung mengenai moment pemilu dan belum terlalu stabilnya harga komoditas unggulan Sumsel khususnya harga karet, apakah akan mempengaruhi realisasi PKB, ia menyebut tidak. “Untuk PKB khususnya BBNKB itu sangat dipengaruhi oleh faktor ekonomi makro, tapi tahun ini kita optimis bisa tercatai karena banyaknya mobil murah yang ditawarkan oleh dealer, dari laporan yang masuk ke kita indennya sudah sangat menjanjikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubdit Resident Ditlantas Polda Sumsel, AKBP Ari Wahyu menambahkan, pengoperasian samsat corner ini dilakukan oleh pihaknya untuk memecah keramaian yang ada di kantor samsat. “Kita operasikan itu agar tidak terjadinya penumpukan di samsat karena kantor samsat yang sekarang itu tidak memadai lagi kalau harus melayani semuanya,” tukasnya.

 

TEKS          : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster