Ayo, Jadi Konsumen Cerdas

 354 total views,  2 views today

Ilustrasi Pasar

Ilustrasi Pasar

SEKAYU – Maraknya peredaran barang di pasar membuat konsumen terkecoh untuk memilih sesuai apa yang dilihat atau diinginkan, bukan yang dibutuhkan. Untuk menghindari diri dari askes negatif penggunan suatu barang, hendaknya konsumen cermat dalam memilih barang yang akan dikonsumsinya.

Karenanya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas. Ajakan ini disampaikan Disperindag dengan melakukan kampanye dan sosialisasi agar masyarakat di Bumi Serasan Sekate, menjadi konsumen cerdas.

Pantauan Kabar Sumatera, kemarin, sejumlah relawan dan petugas Disperindag Muba, membagi-bagikan stiker bertulisan “ayo jadi konsumen cerdas” di depan kantor Disperindag Muba.

Kepala Disperindag Muba, Ihwan Muslimin menyebut kampanye tersebut adalah bagian dari mengedukasi masyarakat agar lebih teliti saat membeli barang yang akan dibeli. Misalnya kata Ihwan, saat membeli barang sebaiknya diperiksa lebih dahulu apakah ada lambang Standar Nasional Indonesia (SNI) nya. “Lambang SNI ini, sebagai jaminan kalau produk itu terjamin kualitasnya,” kata Ihwan, Selasa (25/3).

Selain itu sambung Ihwan, saat membeli barang sebaiknya masyarakat juga meneliti label halal dan masa kadaluarsanya. Dan yang tak kalah penting,  dalam membeli suatu barang sebaiknya masyarakat mempertimbangkan skala prioritasnya. “Belilah sesuai dengan prioritas, bukan keinginan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kampanye untuk mengajak masyarakat Muba menjadi konsumen cerdas ini jelasnya, untuk sementara baru dilakukan di Kecamatan Sekayu. Kedepannya jelas Ihwan, itu akan dilakukan di semua kecamatan di Kabupaten Muba.

Ihwan yakin, jika sosialisasi itu terus menerus dilakukan maka kedepannya masyarakat Muba, akan lebih selektif dalam membeli suatu barang atau kebutuhan. Masyarakat Muba diyakininnya akan semakin cerdas, untuk melihat barang yang dibeli apakah berkualitas atau tidak termasuk apakah barang yang dibeli itu memang dibutuhkan atau tidak.

 

TEKS      : BAGUS SANTOSO

EDITOR     : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster