30 % Lahan tidak Boleh Ditimbun

 223 total views,  2 views today

PALEMBANG – Semakin majunya perkembangan Kota Palembang, berimbas dengan semakin tinggi pula kebutuhan lahan bagi masyarakat maupun pengusaha. Sebab itu Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang tentang Rawa, harus dimaksimalkan.

Masyarakat terutama untuk pengusaha kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Tabrani, dihimbau untuk mematuhi aturan tentang rawa.”Jangan lagi ada penimbunan di rawa, apabila ingin melakukan penimbunan dikawasan rawa, setidaknya pengusaha maupun masyarakat harus sediakan 30 persen dari lahan untuk tidak ditimbun sebagai resapan air,” kata Thabrani saat dibincangi, Selasa (25/3).

Menurut Tabrani, aturan tentang rawa sudah jelas aturannya, dalam Perda Nomor 11 tahun 2012 tentang Pembinaan Pengendalian dan Pemanfaatan Rawa. Apabila ada yang melanggar jelasnya, ada sanksi hukum maupun denda uang terhadap mereka yang melanggar. “Selain sanksi, BLH juga melakukan pengawasan terhadap pembangunan-pembangunan di kota ini, agar tidak terjadi penyalahgunaan,” bebernya.

Sejauh ini terang Tabrani, masyarakat maupun pengusaha sudah taat aturan. Misalnya masyarakat bangun rumah, mereka sudah sediakan tempat resapan air yang menggunakan pipa berdiameter 1-2 meter yang ditanam ke tanah. “Gunanya sebagai tempat penyerapan air, sehingga ketiga hujan datang, air akan masuk kedalam pipa tersebut, dan dihisap oleh bumi,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Palembang, Romi Herton mengklaim saat ini tidak ada lagi bangunan milik Pemkot Palembang yang menimbun rawa. “Apapun kondisinya, tidak ada yang menimbun rawa, seperti sekolah, perkantoran dan lain sebagainya,” ungkapnya belum lama ini.

Menurut Romi, sebagai pemimpin, ia akan memberikan contoh yang baik bagi masyarakat Palembang. Menurutnya, larangan menimbun rawa sebenarnya sudah diatur dalam perda tetapi hingga sekarang, masih ada tempat resapan air dijadikan pemukiman. “Kami sudah ada tim khusus untuk memantau hal tersebut, sehingga apabila ada pembangunan di rawa, bisa dicegah,” tukasnya .

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster