Siang Ditertibkan, Sore Dipasang Kembali

 36 total views,  3 views today

MUARAENIM – Meskipun sudah diturunkan beberapa kali oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), namun sejumlah alat peraga milik calon anggota legislatif (caleg), yang dipasang dalam ukuran besar bahkan dalam bentuk billboard, masih tampak terlihat dipasang kembali oleh caleg di Muaraenim

Pantauan Kabar Sumatera, Senin (24/3), ada belasan titik di Muaraenim masih tampak terlihat alat peraga kampaye milik caleg baik tingkat kabupaten,provinsi maupun pusat, tetap terpasang di sejumlah billboard dalam ukuran besar yang berada di pusat kota Muaraenim.

Kepala Sat Pol PP Muaraenim, Riswandar yang dibincangi di ruang kerjanya, mengakui masih banyak caleg yang membandel dengan memasang alat peraga kampanye dengan melanggar aturan.

Padahal kata Riswandar, Sat Pol PP sudah berulang kali menertibkan dan menurunkan alat peraga kampanye milik caleg tersebut di sejumlah titik di Muaraenim. “Penertiban sebenarnya, terus kita lakukan sejak Desember 2012 lalu. Yang kita tertibkan itu, adalah alat praga caleg yang terpasang di sejumlah titik di jalan protokol,fasilitas umum termasuk di pepohonan,” terangnya.

Ia menjelaskan sejauh ini, Sat Pol PP telah menurunkan sebanyak 1.212 alat peraga kampannye caleg. Terakhir menurutnya, Pol PP melakukan penertiban terhadap atribut kampanye tersebut pada Kamis lalu.

“Sejauh ini yang kita turunkan itu alat peraga, yang berada di dalam kota Muaraenim hingga kawasan Tanjung Enim. Alat peraga kampanye yang kita turunkan itu, berukuran besar apalagi yang dipasang di billboard,  yang biasa di gunakan untuk keperluan bisnis. Itukan jelas di larang, “ ucapnya.

Sebenarnya menurut Riswandar, semua caleg sudah mengetahui aturan pemasangan atribut kampanye tersebut baik lokasi yang di izinkan maupun ukurannya. Namun mereka sebutnya, masih saja membandel.

Karenanya ia berharap, ada kesadaran dari caleg maupun parpol  untuk memperingatkan calegnya, agar tidak memasang atribut kampanye tersebut di tempat-tempat yang dilarang. Sebab kata dia, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU), sudah ada lokasi yang di izinkan  untuk pemasangan atribut kampanye tersebut.

“Kita akan terus lakukan penertiban ini, tidak ada istilah tebang pilih dalam penertiban atribut kampanye tersebut. Namun yang jadi kendala, jika siangnya kita tertibkan maka sorenya atribut itu sudah dipasang lagi oleh tim pemenangan caleg tersebut. Ini yang membuat kita kesulitan, untuk melakukan penertiban,” tukasnya.

 

TEKS         : SISWANTO

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com