Dugaan Kasus Pencetakan Sawah, Mantan Bupati Banyuasin Diperiksa

 221 total views,  2 views today

PALEMBANG – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), di jadwalkan akan memanggil mantan Bupati Banyuasin, Amiruddin Inoed, hari ini, Selasa (25/3).

Amiruddin, akan dimintai keterangan sebagai saksi  dalam kasus program pencetakan cetak sawah di Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Banyuasin, dengan tersangkan mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Banyuasin, Ir Mardian.

“Kasus dugaan korupsi cetak sawah Banyuasin naik sidik sekitar sepekan lalu. Untuk tersangkanya kepala dinas saat itu. Besok (hari ini), kita akan memeriksa mantan Bupati Banyuasin, sebagai saksi,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel, Kombes Pol Eddy Purwatmo melalui Kasubdit III Tipikor, AKBP Imran Amir, Senin (24/3).

Imran menyebut, pihaknya juga telah memeriksa saksi lain terkait kasus dugaan proyek cetak sawah tersebut. Penyidik juga, akan kembali memeriksa Mardian, sebagai tersangka. Apakah dalam kasus yang diduga merugikan keuangan negara Rp 3,32 miliar itu, status Amiruddin bisa dinaikkan statusnya menjadi tersangka ? Imran, enggan berspekulasi.

Menurutnya, kenaikan status dari saksi menjadi tersangka dilihat terlebih dahulu dari hasil pemeriksaan terhadap Amirudin serta saksi-saksi yang lain. “Yang pasti, ia diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Mardian. Saat itu, Amiruddin berstatus sebagai Bupati Banyuasin saat proyek tersebut berjalan,” jelasnya.

Sebagai informasi, dugaan korupsi proyek pencetakan sawah di Dinas Pertanian dan Peternakan Banyuasin ini, muncul setelah penyidik Polres Banyuasin menduga ada dana proyek tersebut yang disunat.

Dari hasil pemeriksaan, penggunaan dana dalam proyek yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 sebesar Rp 18 miliar itu, tidak sesuai dengan fungsinya. Kerugian negara yang ditimbulkan mencapai Rp 3,32 miliar.

 

TEKS      : OSCAR RYZAL

EDITOR    : JUNAEDI ABDILLAH

 

 

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster