Untuk Jaringan Air Bersih, Australia Bantu Rp 17 M

 56 total views,  3 views today

PALEMBANG – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Palembang, PDAM Tirta Musi Palembang dapat bantuan instalasi pemasangan air bersih gratis dari pemerintah Australia untuk 6.000 sambungan. Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Cik Mit mengatakan, sambungan air bersih tersebut ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Saat ini sedang proses pengumpulan data. Setelah selesai, segera kita sambungkan jaringan distribusi air bersih bagi MBR tersebut,” kata Cik Mit, Minggu (23/3).

Menurut Cik Mit, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi MBR, ketika ingin mendapatkan program tersebut. Salah satunya berpenghasilan dibawah Rp 1,5 juta, fhoto copy Kartu Keluarga (KK) dan lainnya.

“Untuk pemasangan air bersih dari PDAM, warga harus keluarkan biaya sebesar Rp 1,1 juta. Tetapi dengan adanya program tersebut, warga cukup membayar Rp 300 ribu saja,” bebernya.

Cik Mit menyebutkan, dana yang di siapkan Australia, untuk pemasangan jaringan air bersih tersebut sebesar Rp 17 miliar. “Rp 17 miliar itu, termasuk juga untuk membangun jaringan pipa di kawasan pemukiman padat penduduk dengan mayoritas penduduk berpenghasilan rendah,” bebernya.

Lebih jauh Cik Mit menjelaskan, saat ini sedikitnya sudah 96 persen, masyarakat di metropolis sudah bisa menikmati air bersih. “Alhamdulillah sejak 2010, program subsidi sambungan langsung air bersih tersebut telah dilaksanakan secara bertahap, dengan total sambungan 2.000 sambungan, jadi ditambah lagi dari Australia ini menjadi 8.000 sambungan,” ulasnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, pelayanan air bersih bagi masyarakat Palembang harus secara menyeluruh. “Kita harus capai target tersebut, masyarakat Palembang harus nikmati air bersih, kami akan terus upayakan agar sambungan gratis ini dapat terlaksana terus. Pemkot akan gandeng pihak ketiga, untuk merealisasikannya,” ujarnya.

Sambung Romi, saat ini pelayanan PDAM masih ada yang hanya terlayani 6 jam, kedepannya harapnya, agar bisa melayani secara 24 jam penuh. “Harus dilayani 24 jam, agar mayarakat terlayani dengan baik, itu sudah menjadi tugas PDAM,” tukasnya

 

TEKS : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster