OKI Bidik Adipura Kencana

 148 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Walaupun telah beberapa kali meraih Piala Adipura, namun Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus berupaya mempertahankannya dengan berupaya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan agar selalu bersih dan rapi. Tak lain hal ini dikarenakan Pemkab OKI menargetkan meraih Piala Adipura Kencana tahun 2014 ini.

Dalam menghadapi penilaian Adipura tahap ke 2 atau P2 yang bakal dilaksanakan pada awal April mendatang, Pemkab OKI telah menggelar rapat koordinasi bersama empat SKPD yang masuk dalam pelaksana penilaian Adipura, diantaranya Badan Lingkungan Hidup (BLH), Badan Pengelola Pasar dan Kebersihan (BPPK), Dinas Tata Kota dan Pertamanan dan Camat Kota Kayuagung.

Asisten II Setda OKI, Ir H Rosidi dalam memimpin rapat mengungkapkan bahwa penanganan sampah di Kota Kayuagung sudah baik, namun penanganan sampah ini dapat lebih ditingkatkan dan dioptimalkan lagi, terutama masalah kebersihan dan drainase yang menjadi point penting dalam penilaian Adipura.

“Hasil akhir penilaian Adipura tahap pertama, Kota Kayuagung meraih nilai 74,44, berarti Kota Kayuagung masih bisa merebut kembali adipura berikutnya hanya tinggal meningkatkan kembali kebersihan dan tata cara pemilahan sampah yang ada. Target kita Adipura Kencana, sebisa mungkin target tersebut kita harus capai. Ada target, harus pula ada hasil,” ujarnya.

Kepala BPPK OKI, Thohir Yanto SSos, Ahad kemarin, mengatakan, Adipura ini merupakan kerja rutin, namun harus disadari bersama bahwa Adipura bukan merupakan target utama melainkan sasaran karena yang ingin dicapai adalah bagaimana menjadikan Kabupaten OKI ini bersih dan hijau.

“Oleh sebab itulah, perlu ditumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan di area lingkungan rumah kita, misalnya membuang sampah pada tempatnya. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang sudah ada saat ini harus dikelola dengan baik, sehingga jangan sampai ada lagi sampah-sampah berserakan di sekitar area TPA,” terangnya.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (BLH) OKI, Nursula SSos menyampaikan adanya rapat ini bertujuan untuk mewujudkan koordinasi dan sinergitas semua pihak sehingga Kota Kayuagung dapat meningkatkan skor nilai diatas 74, sehingga memperoleh penghargaan Adipura.

“Adapun titik pantau dengan masing-masing penanggung jawab dari SKPD. Antara lain perumahan, jalan, pasar, pertokoan, sekolahan, perkantoran, rumah sakit/puskesmas, hutan/taman kota, perairan terbuka, TPA dan terminal,” jelasnya.

 

TEKS : DONI AFRIANSYAH

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster