MTQ se Kabupaten OI Berjalan Sukses

 162 total views,  4 views today

Wakil Bupati OI, HM Daud Hasyim saat memberikan piala bergilir kepada juara umum MTQ dari Pemulutan Selatan

Wakil Bupati OI, HM Daud Hasyim saat memberikan piala bergilir kepada juara umum MTQ dari Pemulutan Selatan

INDERALAYA – Pelaksanaan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), tingkat Kabupaten Ogan Ilir berakhir sudah pada, Jumat (21/3), malam.

Lomba yang diselenggarakan selama tiga hari yang diikuti 423 peserta dari 16 kecamatan di Ogan Ilir melahirkan juara-juara yang juga akan dikirim ke tingkat provinsi.

Data yang diperoleh, juara umum MTQ Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2014 yakni Juara Umum dari Kafilah Pemulutan Selatan dengan perolehan, 9 Emas, 4 perak dan 5 perungu dengan jumlah 18 dan nilai 62.

Diposisi runer up ditempati Kafilah Inderalaya Utara dengan 5 emas, 2 perak dan 7 perunggu dengan jumlah 14 dan nilai 38.

Juara III diraih Payaraman dengan 3 emas, 3 perak dan 3 perunggu dengan jumlah 9 dan nilai 27. Diposisi juara IV yakni Kafilah Pemulutan Barat dengan 2 emas, 4 perak dan 3 perunggu dengan jumlah 9 dan nilai 25.

Sementara itu di posisi terakhir yakni Kafilah Inderalaya  Juara V dengan 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu dengan jumlah 7 dan nilai 25.

Selain menentukan juara Umum, panitia juga menentukan juara karnaval/ pawai taaruf dimana juara pertama yakni Kafilah Rantau Alai, juara II, Kafilah Sungai Pinang dan Juara III, Kafilah Lubuk Keliat.

Wakil Bupati OI, HM Daud Hasyim menutup lomba tersebut ditandai dengan pemukulan beduk yang didampingi Kapolres OI, AKBP asep Jajat Sudrajat, Sekda OI, H. Sobli dan para asisten pemkab OI.

Wakil Bupati HM Daud Hasyim dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu perkembangan tilawah, hafalan serta pendalaman Al-Quran agar apa yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini.

“Kegiatan religius ini yang sarat dengan syiar akan sia-sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di masyarakat. Untuk itu, diperlukan perhatian dan tanggungjawab seluruh komponen masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkan, mewakili Pemkab OI mengucapkan selamat kepada hafizh-hafizhah, khathath-khathathah, musafir-mufassiroh yang meraih juara peringkat dalam MTQ. “Semoga kembali berprestasi dan bisa mempertahankan juara di masa mendatang,” ucapnya.

Bagi anggota kafilah yang belum berhasil, sambungnya, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi pada kesempatan yang akan datang.

“Saya ingatkan, baik kepada pemenang maupun yang belum menjadi pemenang bahwa semangat bermuhasabaqah jangan hanya untuk meraih penghargaan semata tapi harys dicermati dan membudayakan dalam kehidupan masyarakat,” ajaknya.

Menurutnya, MTQ ini seirama dengan visi dan misi pemerintah yakni mencapai masyarakat Ogan Ilir yang maju, mandiri, berkualitas, menuju sejahtera yang berlandasan iman, taqwa dan etika.

Kabag Kesra OI, Bahrun Syarif mengatakan, secara keseluryhan, lomba berlangsung sukses dan lancar meski ada beberapa kelemahan. Dirinya berharap, pada lomba yang akan datang lebih baik lagi.

“Kita akui masih ada kekurangan, tapi Insya Allah, kedepan pelaksanaan lomba ini akan semakin baik lagi. Untuk pemenang lomba akan diberikan uang santunan, piala dan akan dikirim ke tingkat provinsi,” singkatnya. (ADV)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster