40 Perpustakaan Dapat Hibah Buku

 248 total views,  2 views today

PALI – Setelah mendapat bantuan pembangunan sekolah baru dan renovasi lapangan sepak bola, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga kembali mengucurkan bantuan buat perpustakaan.

Kali ini sebanyak 25 sekolah dan 15 masjid yang mempunyai perpustakaan aktif akan mendapat kucuran buku.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Dikbudpora Drs M Amin MM melalui Kabid Sarpras Drs Yulnadi MM saat dibincangi Kabar Sumatera,  Minggu (23/3).

Menurut mantan Kepsek SMPN 1 Talang Ubi itu, bantuan ini diambil dari APBD Propinsi Sumatera Selatan sebagai bentuk dukungan meningkatkan minat baca masyarakat kabupaten PALI.

“Awalnya kita cuma mengusulkan bantuan buku untuk 25 sekolah saja. Namun ternyata bantuan itu juga diperuntukkan buat perpustakaan masjid. Masjid kita kan banyak yang aktif, makanya kita usulkan juga. Alhamdulillah disetujui,” jelas Yulnadi.

Yulnadi melanjutkan, saat ini Dinas Dikbudpora sudah mendata beberapa masjid yang akan diberikan bantuan buku. Masjid-masjid yang menerima bantuan tersebar diseluruh kecamatan yang ada di kabupaten PALI. “Biar adil, kita sebar keseluruh kecamatan. Kita sebar secara merata,” tambahnya.

Yulnadi mengakui dari 15 masjid yang diberikan bantuan itu belum mencakup seluruh masjid di kabupaten PALI. Namun kedepan akan menjadi perhatian agar dapat diberikan bantuan. “Nilainya tidak seberapa, karena bantuannya berbentuk buku. Pemprop sudah memilih buku-buku yang tepat untuk dibagikan. Jadi kita hanya menyalurkan saja,” tambahnya.

Yulnadi berharap, dengan diberikan bantuan buku ini, akan merangsang minat baca masyarakat. “Hendaknya pengurus masjid dan pengelola perpustakaan di sekolah-sekolah dapat mengelola pemanfaatan buku ini agar memberikan nilai positif dan menambah pengetahuan masyarakat. Jangan sampai bukunya cuma jadi hiasan atau memenuhi rak saja. Yang namanya buku, yaa buat dibaca,” harapnya.

 

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster