Unsri Siap Sukseskan POM Asia Tenggara

 373 total views,  2 views today

PALEMBANG – Palembang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) se-Asia Tenggara, Desember 2014.

Unsri sebagai pihak yang dipercaya Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Diktikemdikbud) telah berkoordinasi dengan berbagai pihak yakni Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dan KONI daerah yang nantinya akan bekerja sama dalam kepanitiaan besar.

Rektor Universitas Sriwijaya Prof Badia Perizade mengatakan, menjadi tuan rumah ASEAN University Games ini merupakan suatu kebanggaan bagi Unsri dan rakyat Sumsel karena tidak semua daerah diberikan kesempatan. Apalagi, dengan jumlah negara ASEAN yang mencapai 11 negara.

“Meskipun POM ASEAN ini menjadi tugasnya Unsri, tetap saja melibatkan banyak pihak karena hal ini bukan menyangkut nama Sumsel saja, tapi Indonesia,” ujarnya, Jumat (21/3).

Ia menyakini, pelaksanaan ajang akbar ini akan berdampak positif bagi mahasiswa karena akan mendorong minat berolahraga, seperti layaknya gaya hidup mahasiswa di luar negeri, terutama di Eropa.

“Sebanyak 12.000 orang atlet dan ofisial diperkirakan akan mengikuti ajang bergengsi antar mahasiswa Asia Tenggara ke-17 itu,” katanya.

Meski perhelatan itu tidak seakbar SEA Games, namun jumlah peserta akan meningkat tiga kali lipat menyusul peran Sumsel sebagai tuan rumah tunggal ASEAN University Games.

Badia, optimistis pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN ke-17 di Palembang pada Desember 2014 akan berlangsung sukses dan meriah, karena Sumatera Selatan telah berpengalaman dalam penyelenggarakan perhelatan olahraga internasional.

“Saya optimistis POM ASEAN akan sukses seperti layaknya SEA Games tahun 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013 karena Sumsel telah berpengalaman,” katanya.

Ia mengemukakan, Sumsel telah dikenal sebagai provinsi unggulan di Indonesia karena memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring, seperti stadion akuatik, stadion sepak bola, stadion atletik, lapangan tenis, lapangan tembak, dan lapangan tenis,

Keunggulan ini pun telah diketahui oleh sebelas negara ASEAN sehingga menyambut gembira atas terpilihnya Kota Palembang sebagai pusat penyelenggaraan.

“Bukan bermaksud menyombongkan diri, SEA Games saja bisa sukses dalam keadaan diburu waktu. POM ASEAN pun akan demikian karena diberikan kesempatan hingga dua tahun untuk persiapan,” katanya.

 

TEKS : AMINUDDIN 

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster