TPA Disulap Jadi Taman Bunga

 432 total views,  2 views today

PALEMBANG – Jika selama ini kesan yang timbul dibenak masyarakat, saat ditanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan, adalah tumpukan sampah yang menggunung, bau busuk yang menyengat dan lainnya.

Namun kedepan, kesan itu akan hilang. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana akna membangun taman bunga di TPA tersebut. Wali Kota Palembang, Romi Herton menyebut, lahan di TPA Sukawinatan terbilang luas, sehingga sebagian lahannya akan dimanfatkan untuk dijadikan taman kota.

“Luas lahan TPA Sukawinatan mencapai 25 hektar, saya minta 7 hektar saja untuk dijadikan taman bunga disana.” Kata Romi yang dibincangi disela-sela meninjau TPA tersebut, kemarin.

Ia menerangkan, di lahan 7 hektar tersebut pengelolaannya akan dilakukan dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkuangn pemkot. Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) bertanggung jawab mengelola lahan seluas dua hektar, sementara lima hektar lagi, akan dikelolah Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Palembang.

Ia menargetkan, taman tersebut tahun depan sudah terealisasi. Taman ini bebernya, untuk mempercantik wajah metropolis. “Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan bunga bagi taman-taman kota di Palembang, kita selalu beli dari luar kota. Jika taman itu selesai dibangun, maka kebutuhan bunga untuk menghiasi taman kota di Palembang akan didapat dari taman ini. Taman tersebut, bisa dikatakan sebagai pusat pembibitan bunga, jadi kita tidak perlu beli lagi bunga,” ucapnya.

Romi menambahkan, jenis bunga yang akan ditanam di taman tersebut nantinya, terdiri berbagai jenis bunga.”Yah kita lihat saja nanti, yang pasti banyak jenisnya. Ini juga sebenarnya, cara kitauntuk efisiensi anggaran. Sebab jika taman itu beroperasi, kita tidak perlu lagi membeli bunga dari luar Palembang,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster