Sulap Kolam Rawa Jadi Kolam Ikan

 1,849 total views,  2 views today

Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM. Seusai kunjungan kegiatan PKK, jumat (21/3) Heri Amalindo menyempatkan meninjau kelompok tani

Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM. Seusai kunjungan kegiatan PKK, jumat (21/3/2014) Heri Amalindo menyempatkan meninjau kelompok tani.

PALI – Kelompok tani Maju Bersatu dusun Jerambah Besi Desa Kartadewa kecamatan Talang Ubi menyulap kolam rawa yang tidak dimanfaatkan sama sekali menjadi sumber penghasilan dengan melakukan budidaya ikan.

Bermodalkan semangat dan kegigihan, Kelompok tani yang beranggota 18 orang itu akhirnya bisa menambah penghasilan keluarga.“Dulu tidak ada yang memanfaatkan kolam tersebut, padahal disini banyak ikan. Setelah berdiskusi, teman-teman sepakat untuk membersihkan kolam ini. Karena meskipun kemarau panjang, kolam ini tidak kering,” jelas Kamison, ketua kelompok tani Maju Bersatu.

Berkat kerja keras selama hampir dua bulan, kolam itu kini terbentang menjadi kolam ikan.  Bila dahulunya kolam itu kotor tak berguna kini bersih dan berganti dengan tiang tiang bambu sebagai penyanggah jaring ikan.

Secara bergotong royong pula mereka mengumpulkan uang untuk membeli jaring dan bibit ikan. Kini, empat jarring besar sudah berisi ikan lele dan ikan nila sudah terbentang di kolam seluas 5000M2 itu. “Sebenarnya masih kurang, tapi karena modal kami terbatas, kami hanya mampu membuat empat jarring besar. Maklum saja kami rata-rata bekerja sebagai penyadap karet yang penghasilannya tidak seberapa,” jelas Maman Wahari, salah satu pembina.

Usaha keras dan keterbatasan dana yang dimiliki oleh kelompok ini akhirnya terdengar oleh penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM. Seusai kunjungan kegiatan PKK, jumat (21/3) Heri Amalindo menyempatkan meninjau kelompok tani tersebut. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Romli Hofiah tampak turut mendampingi.

Kerja keras warga dusun terpencil itu membuat sang Bupati berdecak kagum. Heri berjanji akan mendukung penuh usaha keras kelompok itu. “Nanti jarring dan bibitnya akan kita tambah lagi, biar tambah semangat. Kalau Cuma empat kolam ini saja, perkembangannya akan lamban. Untuk pembinaannya sendiri nanti akan didukung penuh oleh Dinas Pertanian dan kehutanan,” tegas Heri Amalindo.

Heri juga menjelaskan bahwa pada dasarnya pemkab akan mendukung penuh setiap usaha keras masyarakat. Apalagi kelompok yang sudah bekerja keras namun mempunyai keterbatasan modal, pemkab PALI akan mendukung penuh. “Kalau warga mau maju pasti kita bantu. Tapi harus buktikan dulu kerja kerasnya. Jangan sampai mau berusaha modalnya Cuma proposal dan keinginan saja. Kalau sudah berjalan seperti ini pasti kita dukung agar berkembang lebih cepat,” jelasnya.

 

Teks  : Indra Setia Haris

EDITOR : JUNAIDI ABDILLAH





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster