PKK Lakukan Pembinaan Desa Model

 308 total views,  2 views today

 

PALI – Setiap kabupaten memiliki desa model yang ditetapkan oleh TP PKK Kabupaten yang bersangkutan. Untuk kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), desa Kartadewa Kecamatan Talang Ubi ditetapkan sebagai desa model yang dimaksud.

Desa model ini menjadi percontohan pembangunan dan menjadi unggulan dalam setiap perlombaan tingkat desa yang digelar baik oleh TP PKK Propinsi maupun pusat. Karena itulah, didesa model dilakukan pembinaan secara menyeluruh.

Ketua TP PKK Kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina Heri Amalindo, di Kantor Kepala Desa kartadewa jum’at (21/3) mengatakan, TP PKK kabupaten PALI akan secara rutin melakukan pembinaan dan bimbingan terhadap TP PKK Desa kartadewa dan masyarakat secara umum sehingga desa tersebut dapat menjadi contoh bagi pengembangan desa lainnya di kabupaten PALI.

“Desa model yang kita maksudkan adalah bagaimana mengembangkan desa ini sehingga menjadi desa yang lebih baik dan dapat dicontoh oleh desa lainnya. Kita juga berharap, desa ini dapat mengharumkan nama kabupaten PALI dalam perlombaan ditingkat provinsi dan nasional,” ujar Sri Kustina.

Namun demikian, lanjut Sri Kustina, TP PKK Kabupaten PALI tidak bisa bergerak sendiri. Dibutuhkan keinginan kuat dari masyarakat desa Kartadewa sendiri untuk merubah diri menjadi lebih baik. Salah satunya adalah dengan menumbuhkan semangat gotong royong dan kemauan keras untuk melakukan perubahan. “Kalau yang bekerja Cuma PKK kabupaten PALI saja tentunya tidak akan jalan. Yang paling penting itu peran serta msyarakat sendiri,” lanjut istri Heri Amalindo itu.

Sri Kustina mengambil contoh, dalam menerapkan pola hidup sehat. Meskipun Pokja IV PKK Kabupaten PALI melakukan pembinaan dan arahan tapi masyarakatnya tidak mau akan percuma. “seperti apa rumah yang sehat, jambannya, sirkulasi udaranya, pembuangan limbah dan sampahnya, pekarangannya bagaimana itu semua dilakukan oleh masyarakat. Kita sebagai PKK hanya memberikan pembinaan yang melaksanakannya tentu saja masyarakat” jelasnya.

Nantinya kata dia, untuk melaksanakan rumah yang sehat, PKK kabupaten PALI akan melakukan penyuluhan dan bekerja sama dengan instansi terkait melengkapi fasilitas yang dibutuhkan. Dan masyarakatlah secara bergotong royong yang melaksanakannya. “Yang merasakan manfaatnya tentu saja masyarakat itu sendiri. Karena itu mari kita bersama-sama mensukseskan program desa model ini,” ajak Sri Kustina.

Dalam acara yang dihadiri ratusan tokoh masyarakat itu, Sri Kustina juga menjabarkan secara detil program kerja yang akan dilakukan oleh organisasi yang dipimpinnya itu. Mulai program pemberdayaan rumah tangga, pendidikan, kesehatan sampai pertanian. “kita akan lakukan pembinaan terpadu. Mulai dari memberdayakan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan industry kerajinan tangan sampai memanfaatkan pekarangan sehingga menambah pendapatan keluarga. Selain itu juga ada program kesehatan dan pendidikan keluarga,” tandasnya.

Menurut Sri Kustina, pihaknya sudah menyiapkan pembinaan agar setiap rumah di desa model ini mempunyai pekarangan yang dikelola agar mendapat manfaat tambahan. Seperti penanaman TOGA (taman obat keluarga), penanaman pohon buah dan kolam gantung (kolam diatas tanah menggunakan bahan terpal). Selain itu kerajinan rumah tangga yang sudah ada seperti industry tahu tempe, dan kerajinan tangan memanfaatkan bahan bekas akan dikembangkan lagi agar mempunyai nilai ekonomis tinggi dan layak jual.

Sementara itu, penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo yang turut hadir dalam acara itu, berjanji akan membantu sepenuhnya program yang menjadi andalan TP PKK Kabupaten PALI itu. “kita dukung sepenuhnya. Pada dasarnya, pemerintah kabupaten PALI mendukung setiap usaha masyarakat yang ingin maju. Bukan itu saja, nanti kita akan libatkan pihak swasta seperti beberapa perusahaan yang ada didaerah ini untuk mendukung program ini,” jelas Heri.

Heri berharap, agar program yang ada dapat berjalan dengan baik, masyarakat desa Kartadewa          hendaknya dapat menjaga persatuan dan semangat gotong royong. “Kalau kita tidak bersatu maka akan sulit untuk maju. Jika perlu jangan sekedar berperstasi ditingkat propinsi saja. Itu sudah biasa. Kita harus tekadkan untuk berprestasi ditingkat nasional. Karena itu, apa saja kebutuhan untuk mendukung program ini akan didukung penuh oleh dinas dan instansi yang ada,” ungkap Heri.

Irwan Ibrahim Mahbor, kepala desa Kartadewa sendiri mengaku sangat berterima kasih atas perhatian dan kepercayaan TP PKK Kabupaten PALI untuk memberdayakan warganya. “Kalau sudah begini susah mau bilang apa. Semuanya sudah dipenuhi bapak Bupati agar warga kami maju. Dan kami siap untuk menyukseskannya,” ungkap Irwan.

 

Teks : Indra Setia Haris

EDITOR : JUNAIDI ABDILLAH





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster