Bangun Moda Transportasi, Dishub Butuh Rp 2 Miliar

 515 total views,  2 views today

dishub

PALEMBANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, membutuhkan dana Rp 2 miliar untuk membangun moda transportasi yang terintergritas di kawasan Seberang Ulu (SU). Kepala Bidang (Kabid)Transportasi, Jalan dan Rel, Dishub Palembang, Agus Supriyanto mengatakan, moda integritas yang akan dibangun tersebut, sama seperti di kawasan Seberang Ilir (SI).

“Sama seperti di SI, nantinya moda transporasi itu akan terintergrasi dengan Bus Rapit Transit (BRT) Transmusi dan angkutan sungai seperti ketek, bus air dan lainnya,” kata Agus yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (21/3).

Ia menerangkan, nantinya titik intergrasi berada dibawah Jembatan Ampera hingga ke dermaga apung dan Kampung Kapitan. Sebenarnya jelas Agus, kawasan SU telah memiliki moda transportasi terintegritas di Kertapati, yakni intergrasi antara Kereta Api di Stasiun KA Kertapati dengna angkutan sungai dan Transmusi.

Namun dengan penambahan titik-titik konektivitas tersebut, akan semakin memudahkan pengguna jasa beralih dari satu moda ke moda transportasi lainnya. Agus menambahkan, Palembang sudah memiliki beberapa titik konektivitas antar moda.

Misalnya di Kertapati, intergritas antara angkuta KA dengan angkutan sungai. Kemudian dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II terjadi intergritas antar angkutan udara dengan bus kota. Sementara di pusat kota, intergrasi antara bus kota dengan bus air. “Palembang ini sangat berpotensi, untuk dikembangkan intergritas antara moda kereta api, bus darat dan angkutan sungai atau bus air dalam satu titik,” ujarnya.

Ditanya soal biaya untuk pembangunan, Agus menjawab, Dishub menerima bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pemkot Palembang. “Besaran biayanya lebih kurang Rp 2 miliar,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster