Tingkatkan Kemampuan dan Kamtibmas Polres OI-Unsri Teken MoU

 335 total views,  2 views today

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat bersalaman dengan  Pembantu Rektor IV, Unsri Ahmad Muslim usai melakukan penandatanganan MoU terkait kerjasama peningkatan kemampuan Polres dalam bidang hukum juga pengamanan kampus

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat bersalaman dengan Pembantu Rektor IV, Unsri Ahmad Muslim usai melakukan penandatanganan MoU terkait kerjasama peningkatan kemampuan Polres dalam bidang hukum juga pengamanan kampus

INDRALAYA — Untuk meningkatkan kemampuan petugas Kepolisian Resort (Polres), Ogan Ilir dalam menangani proses penyelidikan dari berbagai kasus, Polres OI menjalin kerja sama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri), Inderalaya, ditandai dengan penandatanganan  Memorandum of understanding (MoU), atau nota kesepahaman di Mapolres OI, Kamis (20/3).

Selain meningkatkan kemampuan polisi, MoU tersebut juga dalam bentuk pelatihan pengamanan di dalam kampus.

MoU tersebut langsung ditandatangani oleh Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat dan Rektor Unsri diwakili oleh Pembantu Rektor (PR) IV, bidang kerja sama Ahmad Muslim disaksikan oleh perwira dan anggota serta beberapa staf Unsri.

Pembantu Rektor IV, Unsri Ahmad Muslim mengatakan, sebenarnya kerjasama yang dilakukan pihak Unsri dan Polres OI sudah berlangsung lama. Namun, baru kali ini kerjasama antara Unsri dan Polres OI tertuang secara formal ke dalam MoU.

“Ya, sebenarnya kita sudah lama jalin kerja sama, tapi baru kali ini ada MoU. Ini patut diberikan apresiasi kepada Polres OI,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya MoU tersebut, diharapkan kerja sama antara Polres Oi dengan Unsri lebih intens lagi baik dalam pengamanan maupun dalam pendalaman masalah hukum.

“Unsri memiliki tenaga-tenaga ahli termasuk pakar ilmu hukum, sosial yang setara dengan jenjang pendidikan Strata 3, seperti master, doktor dan lain sebagainya. Kami memberikan tawaran kepada personil Polres OI yang ingin memperdalam ilmu hukum, sosial, politik, ekonomi serta Teknologi Informasi (TI) yang terkait dengan kejahatan dunia maya “cyber crime”,” ajaknya

Ia menambahkan, kerjasama yang terjalin ini, tidak hanya berkaitan dengan peningkatan kemampuan personil saja, namun juga terkait dengan keamanan dan ketertiban di dalam kampus.

“Kita akui, ilmu Kamtibmas Satpam cukup minim. Maka dari itu, kita meminta bantuan kepada Polres OI untuk membina para tenaga keamanan yang ada di lingkungan kampus Unsri. Polres OI memberikan pelatihan dua kali dalam seminggu kepada petugas keamanan kampus yang berjumlah 70 orang,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres OI  AKBP Asep Jajat Sudrajat juga sangat mengapresiasi kerjasama ini sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Unsri Indralaya yang telah memberikan bantuan kerjasama dalam bidang peningkatan kemampuan personil dalam bentuk pelatihan pembelajaran.

“Kegiatan ini, dilangsungkan dengan niat agar kita belajar dari Unsri. Bukan hanya sekedar dapat Ijazah saja. Namun juga, untuk belajar,” tuturnya.

Menurutnya, mengenai kerjasama di bidang Kamtibmas tidak hanya diselenggarakan di lingkungan Unsri saja, namun juga berlanjut diseluruh lingkungan Kabupaten OI.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada Universitas Sriwijaya Indralaya atas keja saamanya. Kami harapkan apa MoU tersebut dapat bermanfaat bagi kedua instansi Unsri maupun Polres OI, ” ujar Kapolres.

Disinggung penempatan personnil di kampus, kapolres menjelaskan, sejauh ini pihaknya juga sudah menempatkan personil di area kampus dan melakukan patroli dengan petugas keamanan kampus.

“Ini sudah kita lakukan. Intinya patroli bersama untuk menekan aksi kejahatan di dalam kampus,” pungkasnya.

Polres OI juga memberikan pelatihan selama 2 kali dalam satu minggu kepada anggota Satuan Pengamanan (Satpam) Unsri yang berjumlah 70 orang.

“Ilmu Kamtibmas Satpam cukup minim. Maka dari itu, kita berikan bantuan kepada Polres OI untuk membina para tenaga keamanan yang ada di lingkungan Kampus Unsri,” tukasnya.

anggota personil diwilayah hukum Polres Ogan Ilir (OI), selama menjalani proses penyelidikan atas kasus-kasus tindak pidana kejahatan sepertri kriminilitas, hukum maupun tindak kejahatan lainnya, termasuk juga kejahatan dunia maya “cyber crime” sekaligus terkait dengan pasal-pasal yang ditangani oleh pihak kepolisian Polres OI.

Akhirnya, Universitas Sriwijaya (Unsri) Indralaya menjalin kerjasama dengan Polres OI yang bertema “Peningkatan Kemampuan Personil dan Harkamtibmas Wilayah Porles OI”.

Kesepakatan kerjasama secara formal yang tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MOU) antara Kapolres OI AKBP Asef Jajat Sudrajat,SIk bersama Pembantu Rektor IV Unsri yang menangani bidang kerjasama Dr Ir Ahmad Muslim MA berlangsung di gedung Aula Mapolres OI, Kamis (20/3) pukul 11.00, yang disaksikan secara langsung jajaran Kepolisian Polres OI secara pihak Unsri.

Kerjasama ini, telah berlangsung sejak tahun 1995 lalu. Namun, baru kali ini kerjasama antara Unsri dan Polres OI tertuang secara formal ke dalam Mou.

Selanjutnya, Unsri juga memberikan tawaran kepada personil Polres OI yang ingin memperdalam ilmu hukum, sosial, politik, ekonomi serta Teknologi Informasi (TI) yang terkait dengan kejahatan dunia maya “cyber crime”.

Pembantu Rektor IV Unsri Dr Ahmad Muslim MA mengatakan,  pihaknya saat ini memiliki para tenaga-tenaga ahli termasuk pakar ilmu hukum, sosial yang setara dengan jenjang pendidikan Strata 3 seperti master, doktor dan lain sebagainya.

“Oleh sebab itu, kami membuka tangan yang selebar-lebarnya bekerjasama dengan pihak Polres OI guna memberikan kemampuan kepada personil yang lebih tinggi lagi,” ungkap Purek IV Dr Ir Ahmad Muslim MA, Kamis (20/3) disela-sela kegiatan Mou.

Kerjasama yang terjalin ini, tidak hanya berkaitan dengan peningkatan kemampuan personil saja namun juga, Polres OI juga memberikan pelatihan selama 2 kali dalam satu minggu kepada anggota Satuan Pengamanan (Satpam) Unsri yang berjumlah 70 orang.

“Ilmu Kamtibmas Satpam cukup minim. Maka dari itu, kita berikan bantuan kepada Polres OI untuk membina para tenaga keamanan yang ada di lingkungan Kampus Unsri,” tukasnya.

Sementara itu, AKBP Asef Jajat Sudrajat selaku orang nomor satu di lingkungan Mapolres OI, sangat mengapresiasi kerjasama ini sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Unsri Indralaya yang telah memberikan bantuan kerjasama dalam bidang peningkatan kemampuan personil dalam bentuk pelatihan pembelajaran.

“Kegiatan ini, dilangsungkan dengan niat agar kita belajar dari Unsri. Bukan hanya sekedar dapat Ijazah saja. Namun juga, untuk belajar,” tukas Perwira Tinggi yang dihiasi dua melati di pundak ini, seraya mengatakan siapapun nanti yang menjabat sebagai Kapolres OI, kegiatan ini tetap akan berlanjut.

Menurutnya, mengenai kerjasama di bidang Kamtibmas tidak hanya diselenggarakan di lingkungan Unsri saja, namun juga. Lanjut Asef, kerjasama dibidang Kamtibmas tetap berlanjut diseluruh lingkungan Kabupaten OI. “Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada Universitas Sriwijaya Indralaya,” pungkas AKBP Asef Jajat Sudrajat.

 

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster