Pertumbuhan Ekonomi Ditargetkan 8,73 %

 371 total views,  2 views today

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menargetkan pertumbuhan ekonomi di metropolis, terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palembang, Syafrie Nungcik, Kamis (20/3).

Ia menyebut, pada 2013 pertumbuhan ekonomi Palembang sebesar 8,7 persen. Tahun ini jelasnya, pertumbuhan ekonomi ditargetkan bertambah 0,3 persen atau menjadi 8,73 persen. Sementara di 2015 diharapkan bisa kembali naik menjadi 8,76 persen.

“Caranya, dengan meningkatkan investasi. Masuknya investasi tentu akan membuka lapangan kerja. Selain itu, kita akan mengembangkan kawasan wisata, sehingga pertumbuhan ekonomi juga ikut tergerak,” kata Syafrie yang dibincangi, kemarin.

Menurut Safri, untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut, diperlukan partisipasi seluruh elemen masyarakat. “Tidak bisa hanya pemerintah saja, tapi semua pihak juga harus berperan, sehingga kemajuan Palembang ini dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Ditanya soal angka pengangguran di Palembang, Safri menyebut, angka pengangguran pada 2013 tercatat sebesar 10.02 persen. Tahun ini menurutnya ditargetkan bisa ditekan, menjadi 9,75 persen dan di 2015 diharapkan bisa turun menjadi 9,53 persen.

“Bicara soal pembangunan, ada tolak ukur yang tidak bisa kita lepaskan. Yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dimana pada 2013 IPM Palembang berada pada angka 77,67. Di targetkan pada 2014 menjadi 77.97 dan pada 2015 78,26,” tukasnya.

TEKS            : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster