Pelipatan Kertas Suara Satu Surat Suara Dibayar Rp 90

 180 total views,  2 views today

 

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, mulai melakukan pensortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg), 9 April mendatang, Kamis (20/3) di aula kampus IAIN Raden Fatah.

Komisioner KPU Palembang Divisi Sosialisasi, Syarifudin mengatakan, hari pertama pelipatan untuk surat suara DPR RI wilayah Kota Palembang, dengan tenaga pelipat sebanyak 790 orang.

“Target kita sehari dapat menyelesaikan 800 boks. Dalam satu boks berisi 1000 surat suara, artinya dengan jumlah tenaga pelipat sebanyak 790 orang, sehari bisa dilakukan pelipatan 790 ribu surat suara,” katanya ditemui disela-sela pelipatan surat suara, kemarin.

Ia menuturkan, pelipatan surat suara dilakukan oleh pihak ketiga, dalam hal ini PT Media Karya Citra (MKC) sebagai pemenang tender. “Untuk kendala pelipatan, yang jelas soal waktu, apalagi pengangkutan surat suara dari Balai Kecamatan IT I ke aula IAIN membutuhkan waktu angkut,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk kerusakan surat suara, akan dihitung setelah pelipatan dan penyortiran selesai, dan setiap harinya dibuatkan berita acara pelipatan. “Sejauh ini dalam setiap boks memang ada surat suara yang rusak, mayoritas karena robek, dan itu tidak bisa digunakan lagi, untuk jumlahnya kita belum tahu, menunggu pelipatan selesai,” ucapnya.

Sementara itu, koordinator pelipatan surat suara dari PT MKC, Dedi mengungkapkan, pelipatan surat suara ditarget selesai paling lambat satu minggu kedepan. “Untuk upah tenaga pelipat, per surat suara sebesar Rp 100 dipotong biaya kosumsi Rp 1000 perhari, per surat suara Rp 90,” tukasnya.

 

TEKS             : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster