Listrik dari Sampah di TPA Sukawinatan Sudah Terangi 120 Rumah

 150 total views,  2 views today

listrik

PALEMBANG – Pengelolaan sampah menjadi energi listrik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan, yang sempat vakum akan dihidupkan kembali oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Wali Kota Palembang, Romi Herton menyebut, sejak 2008 sebenarnya pemkot sudah bekerjasama dengan Jijoko untuk mengelola sampah di TPA Sukawinatan, menjadi  energi listrik.

“Tetapi di 2012, pengelolaan sampah itu vakum. Sekarang kita hidupkan kembali, alhamdulillah sudah berjalan. Listrik dari pengelolaan sampah disini, sudah bisa menerangi 120 unit rumah disekitar TPA Sukawinatan,” kata Romi yang dibincangi usai meninjau TPA Sukawinatan, Kamis (20/3).

Pemkot sebutnya, juga akan bekerjasama dengan PT PLN, untuk  pemanfaatan listrik yang dihasilkan dari pengelolaan sampah di TPA Sukawinatan tersebut. Setidaknya jelas Romi, listrik tersebut bisa menerangi pemukiman yang dekat dengan TPA tersebut.

Gunung sampah di TPA itu terang Romi, tidak hanya akan dikelola untuk menjadi energi listrik tetapi juga akan dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos. “Air limbahnya pun, nanti bisa diolah menjadi bahan baku air untuk PDAM Tirta Musi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Agoeng Noegroho menambahkan, pemanfaatan sampah menjadi energi listrik tersebut, sudah direncanakan sejak lama. “Untuk instalasinya, kita bekerjasama dengan PLN. Sehingga dapat berjalan sesuai rencana kita, yang pasti kita sediakan energi,” jelasnya.

Ditanya soal penataan TPA Sukawitan, Agoeng menjawab, zona di TPA tersebut ada sampai K.Di zona-zona itulah, yang dijadikan bahan untuk diolah menjadi energi listrik. “Lahan 25 hektar cukup luas, mudah-mudahan pemanfaatannya akan lebih baik lagi, sehingga bermanfaat bagi masyarakat khususnya daerah di kawasan TPA tersebut,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster