Pemerintah Harus Fasilitasi PKL

 234 total views,  2 views today

Ilst. Suasana Di Pasar 16 Ilir Palembang

Ilst. Suasana Di Pasar 16 Ilir Palembang

PALEMBANG – Pedagang Kaki Lima (PKL), selama ini selalu dianggap “musuh” oleh pemerintah. Karena keberadaan PKL dinilai, membuat kemacetan lalu-lintas dan membuat wajah kota menjadi suram.

Harusnya keberadaan PKL menurut calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, Hafisz Tohir, bukan digusur namun harus ditata oleh pemerintah. Pemerintah sebutnya, juga harus memfasilitasi PKL, agar mereka menjadi lebih baik.

“Pedagang tentu tidak ingin menjadi PKL, namun karena persoalan modal dan manajerial membuat mereka terpaksa melakukan itu. Disinilah dituntut peran pemerintah, untuk memberdayakan PKL,” kata politisi PAN ini ketika dibincangi, Rabu (19/3).

Menurut mantan calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel ini, PKL selama ini kesulitan untuk mendapatkan bantuan modal guna meningkatkan usahanya. Jika pemerintah membantu PKL untuk mendapatkan permodalan,  maka penataan PKL akan lebih mudah.

Ia menerangkan, di daerah banyak pemerintah daerah kurang mendukung pengembangan, serta pemberdayaan PKL. Hal yang sering dijumpai adalah berbagai instrument legal yang menempatan PKL, sebagai obyek penataan.

Persepsi penataan yang dipahami selama ini pun sebutnya, identikkan dengan penggusuran yang tak jarang menggunakan upaya paksa dan dekat dengan kekerasan. Hafisz berpandangan bahwa persepsi penataan PKL, harus dibangun berdasarkan prinsip efisiensi serta humanisme.

Atas dasar tersebut, penataan PKL bukanlah bertujuan untuk mengurangi atau bahkan meniadakan keberadaan PKL. “Sebaliknya, penataan yang dimaksud harus ditujukan untuk mengembangkan segala potensi sumber daya PKL, agar mampu bersaing dalam peta perekonomian di kawasannya masing-masing dan tentunya mampu memberikan sumbangsih yang kian berarti dalam pengembangan ekonomi kerakyatan di negeri ini,” kata dia.

Ia berharap pemerintah menyediakan akses modal yang cukup dan mudah, bagi setiap PKL di Indonesia. Selain itu, ia meminta pemerintah melakukan pendampingan dan pembinaan kepada setiap PKL.

 

TEKS            : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster