Oknum Polisi Divonis 5 Tahun Penjara

 306 total views,  2 views today

Briptu Amirullah saat usai sidang di PN Kayuagung.

Briptu Amirullah saat usai sidang di PN Kayuagung

KAYUAGUNG – Oknum anggota Polres Ogan Komering Ilir (OKI), Briptu Amirullah, akhirnya divonis 5 tahun penjara, dengan denda Rp 1 miliar. Namun, bila yang bersangkutan tak mampu membayar denda tersebut, maka hukuman akan ditambah 6 bulan penjara. Vonis tersebut lebih ringan bila disbanding dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), Sazili SH, yang menuntut tersangka selama 7 tahun penjara pada amar tuntutan yang dibacakan dihadapan majelis hakim Selasa (25/2) lalu. Terdakwa Amirullah terbukti melanggar Pasal 114 ayat 1 jo Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009.

Kendati mejelis hakim telah menetapkan vonis terhadap terdakwa, namun terdakwa bersama kuasa hukumnya, Herman SH yang saat itu mendampinginya. Menanggapi hal vonis tersebut belum menerima keputusan yang telah ditetapkan terhadapnya, karena yang bersangkutan masih ingin piker-pikir dahulu. Apakah menerima, atau mengajukan keberatan.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Kayuagung, Rabu(19/3), tampak terdakwa Amirullah sedang sakit atau tidak enak badan. Namun karena yang bersangkutan masih bisa mendengarkan pembacaan vonis yang dibacakan majelis hakim, siding tetap dilanjutkan.

Seperti diketahui sebelumnya, ulah oknum anggota Polres Ogan Komering Ilir (OKI) Briptu Amirullah, yang kerap memasok Narkoba ke sejumlah pengedar akhirnya terbongkar. Ini setelah jajaran Satnarkoba Polres OKI dipimpin langsung Kasat Narkoba AKP Priyanto menangkap kurirnya bernama Samsudirman (31), warga Desa Celikah, Kecamatan Kayuagung OKI, kemarin. Dimana dari tangan pria yang kesehariannya menjadi sopir travel ini polisi menyita barang-bukti (BB) berupa dua paket sabu senilai Rp3,8 juta dan seperangkat alat hisap sabu.

Kapolres OKI, AKBP Erwin Rachmat, menangapi hasil putusan vonis tersebut, meminta para anggotanya agar tidak main-main dengan narkoba.

”Kita sudah ada contoh, jadi saya ingatkan jangan ada anggota yang mau coba-coba dengan narkoba, karena kita akan tindak tegas,” ungkapnya.

Selain menetapkan terdakwa Briptu Amirullah dengan vonis 5 tahun penjara, majelis hakim juga menetapkan Samsudirman, warga Desa Celikah, Kecamatan Kayuagung, OKI dengan hukuman yang sama. Samsudirman sendiri merupakan kaki tangan, Briptu Amirullah yang lebih dahulu ditangkap, dan kemudian “bernyanyi” bahwa barang haram yang selama ini diedarkannya diperoleh dari Briptu Amirullah.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster