Nasib Yulius Ditentukan Usai Pileg

 315 total views,  2 views today

Gubernur Pantau Roda Pemerintahan di OKU

PALEMBANG – Walau sudah berstatus terdakwa, namun sampai saat ini Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Yulius Nawawi belum juga di non aktifkan dari jabatannya sebagai orang nomor satu di kabupaten tersebut.

Yulius sendiri bersama mantan Wakil Gubernur Sumsel, Eddy Yusuf menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pada dana Bansos OKU 2008. Keduanya, telah menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palembang.

Namun  di non aktifkan atau tidak  Yulius Nawawi dari jabatannya, baru akan ditentukan usai Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) nanti.   “Sekarang, sedang kita pertimbangkan. Saya mempertimbangkan situasi, kita sedang menghadapi pemilihan legislatif (Pileg) sehingga suasana harus kondusif,” kata Alex ketika ditanya kenapa belum ada usulan dari Pemprov ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk non aktif Bupati OKU dari jabatannya, kemarin usai rapat paripurna DPRD Sumsel.

Pantau Pemerintahan di OKU

Ditempat berbeda, Alex juga menerangkan walau orang nomor satu di OKU itu, berada di tahanan dan sedang menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, namun roda pemerintahan di OKU tidak terganggu.

Ia sendiri sebut Alex, memantau jalannya roda pemerintahan di OKU. “Ada wakil bupati, yang mengambil alih pemerintahan. Jadi tidak terganggu sama sekali. Kecuali kalau semuanya tidak ada, baik itu bupati, wakilnya ataupun Sekretaris Daerah (Sekda) baru akan kacau. Stabilitas disana masih tetap terkendali,” tegas Alex, Rabu (19/3).

Meski demikian, orang nomor satu di Sumsel ini berharap agar permasalahan ini tidak terlalu dipublikasikan secara besar-besaran. Terlebih, dikhawatirkan jika nantinya ada oknum-oknum yang bermain di air keruh.

“Ini masih masa krusial menghadapi Pileg. Jadi suasana sangat sensitif. Tolong ditahan dulu, toh tinggal beberapa hari ini. Kita jaga kondisifitas, dalam pesta demokrasi ini. Kasihan, jadi nanti saja,” pintanya.

Hal yang sama juga dilontarkan pelaksana tugas (Plt) Sekda Sumsel, Mukti Sulaiman. Menurutnya, untuk status jabatan Bupati OKU diakui Mukti masih tetap dipegang oleh Yulius Nawawi. Pemprov sebutnya, masih menunggu petunjuk lanjutan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait nasib Yulius tersebut.

“Memang saat ini sidang sudah berjalan. Nanti bagaimana petunjuknya kita tunggu. Yang jelas, saat ini, yang bersangkutan masih menjabat sebagai bupati dan roda pemerintah tetap berjalan dan tidak terganggu,” tukasnya.

TEKS            : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster