Minyak Mentah Genangi Kebun Warga

 175 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Pipa air minyak milik PT Pertamina Asset 2 Field Limau, mengalami kebocoran. Akibatnya, limpahan minyak tersebut menggenangi kebun milik Novi Indawan, warga Dusun V Desa Lubuk Raman, Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muaraenim.

Limpahan minyak tersebut menyebabkan sedikitnya ada 50 batang pohon karet, yang terancam mati. Dibincangi, Rabu (19/3), Novi mengaku tim inspeksi dari PT Pertamina sudah turun ke lokasi, untuk melihat kondisi kebunnya yang mengalami limpahan minyak akibat bocornya pipa milik perusahaan plat merah itu.  “Tim dari Pertamina , sudah turun ke lokasi untuk membersihkan sisa minyak dari pipa yang bocor di kebun karet milik saya,” kata Novi.

Soal ganti rugi menurutnya, masih akan dibahas di kantor PT Pertamina Asset 2 Field Limau di Prabumulih. Berapa besaran ganti ruginya menurut Novi, belum diketahui. “Yang pasti, ada sekitar 20 batang pohon karet yang mulai menguning daunnya, diprediksi akan mati. Secara keseluruhan, hasil pendataan yang dilakukan Pertamina ada sekitar 50 batang pohon karet yang mengalami dampak langsung atas kejadian tersebut,” ucapnya.

HSE Pertamina Asset 2 Field Limau, Cahyo Nugroho kepada wartawan di lokasi menyebut genangan minyak yang berada di kebun milik Novi tersebut disebabkan bocornya pipa yang melintasi Desa Lubuk Raman.

“Pipa tersebut, memang sudah tua sehingga mengalami kebocoran. Beruntung, kebocoran diketahui sehingga dampaknya tidak meluas. Kita sudah mengerahkan tim, untuk membersihkan sisa-sisa minyak,” terang Cahyo.

Sementara itu, Humas Manager PT Pertamina Asset 2 Field Limau, Setyo menerangkan bocornmya pipa milik Pertamina itu diketahui setelah ada laporan dari Kepala Desa (Kades) Lubuk Raman.

“Mendapatkan laporan tersebut, kita langsung turun ke lokasi. Kita sudah mendata, berapa banyak pohon karet yang terkena dampak dari kebocoran tersebut. Soal ganti rugi, akan kita bicarakan besok (Kamis),” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster