Rusunawa Kertapati tidak Diminati

 166 total views,  2 views today

Ilst. Rusunawa

Ilst. Rusunawa

PALEMBANG – Walau pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Kecamatan Kertapati, tepatnya di Jalan Palembang-Indralaya, sudah selesai sejak tahun lalu namun sampai saat ini, rusunawa itu tidak diminati. Buktinya, sampai saat ini belum juga ada penghuni di rusunawa tersebut.

Namun itu dibantah Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Palembang, Albert Medianto. Ia menyebut, rusunawa bukan tidak diminati masyarakat namun memang belum operasional.

“Itu karena, fasilitas di rusunawa belum selesai terpasang. Misalnya, instalasi listrik dan jaringan air bersih. Informasinya, PDAM Tirta Musi belum bisa mengaliri air bersih di rusunawa tersebut karena belum ada pipa induk,” kata Albert yang dibincangi,  kemarin.\

Menurut Albert, rusunawa tersebut masih belum final, karena masa pemeliharaan baru di awal Januari lalu. Sementara untuk izin pengelolaannya, masih berada di Kementerian PU. “Jika izin pengelolaanya sudah di kita, barulah kita memulai operasionalnya. Namun kita juga harus melaporkan itu dulu ke Kementrian Keuangan,” ucapnya.

Albert menjelaskan, sebenarnya sudah cukup banyak masyarakat yang berminat menjadi penghuni di rusunawa tersebut. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas PU CK, sudah ada 100 Kepala Keluarga (KK) yang mendaftar untuk bisa menyewa di rusunawa tersebut.

Untuk bisa menjadi penghuni di rusunawa itu beber Albert, masyarakat harus mendaftar ke PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), perusahaan daerah milik Pemkot Palembang yang ditunjuk untuk mengelola rusunawa itu.

“Persyaratannya cukup mudah yakni belum memiliki rumah, dan maksimal memiliki dua orang anak. Sehingga disetiap blok nantinya, hanya ada empat orang . Soal sewa, kalau tidak salah Rp 200 ribu perbulan. Itu yang mengelolanya PT SP2J, bukan kita,” ujarnya seraya menyebut, Rusunawa Kertapati sendiri terdiri tiga twin, setiap satu twin berisi 96 blok atau kamar. Jadi jumlah totalnya adalah 288 kamar.

 

TEKS             : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster