Lokasi Kampanye tak Terpakai

 238 total views,  2 views today

BANYUASIN – Walau sudah tiga hari masa kampanye terbuka bagi partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), namun 12 titik kampanye di Banyuasin, belum satu pun terpakai.

Informasi yang berhasil dihimpun, lokasi kampanye hingga Selasa (18/3) petang tidak terpakai, seperti halnya di lapangan sepakbola Kayuara Kuning. Lapangan sepakbola Kayuara Kuning sendiri, dipakai lokasi kampanye untuk daerah pemilihan (dapil) Banyuasin V.

Sesuai jadwal hari ini (Selasa), harusnya lokasi tersebut dipakai oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk berkampanye. Sementara  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di daerah pemilihan (dapil) I.

Kemudian, Partai Bulan Bintang (PBB) di dapil II, Partai Amanat Nasional (PAN) di dapil III, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di dapil IV dan Partai Hanura di dapil VI.  “Tidak ada kegiatan kampanye mas, dari hari kemarin lokasi ini kondisinya kosong. Padahal warga, sudah menunggu untuk menyaksikan kampanye, sekaligus ingin tahu visi dan misi caleg dari parpol tersebut,” kata Farlina, warga Kelurahan Kayuara Kuning, kemarin.

Ia menyayangkan tidak terpakainya lokasi kampanye tersebut, mengingat Pemilu 9 April sudah dekat. Seharusnya moment ini, dimanfaatkan parpol dan caleg, supaya masyarakat tahu, calon-calon pemimpin yang akan datang.

“Aku binggung mau pilih siapa nanti, karena tidak tahu siapa calegnya. Ya saya harap masyarakat jangan salah pilih saja, karena berdampak lima tahun untuk Kabupaten Banyuasin,” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPC PAN Banyuasin, Rudi Apriadi saat dihubungi mengaku sengaja tidak melakukan kampanye terbuka. “Kami memang tidak memanfaatkan jadwal kampanye terbuka, karena keterbatasan dana,” jelas Rudi.

Senada juga dikatakan Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuasin, H Askolani. Menurutnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan  sudah menginstruksikan untuk tidak melaksanakan kampanye terbuka.

“DPP menyarankan kita untuk tidak melakukan kampanye terbuka, dan besar-besaran. DPP justru menyarankan kita untuk blusukan ke desa-desa guna menyerap aspirasi masyarakat secara langsung,” ucapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin, Dahri menyebut KPU sudah menyurati semua parpol peserta pemilu di Banyuasin mengenai 12 lokasi kampanye terbuka. “Dalam surat Nomor 081/Kpts/KpuKab-006.435384/III/2014 itu, kita juga memberitahukan pengaturan jadwal kampanye masing-masing parpol yang dibagi per dapil,” jelasnya.

Tujuan penjadwalan tersebut menurutnya, untuk mengatur lokasi kampanye agar tidak bertabrakan satu sama lain. Namun, bagi parpol maupun caleg yang tidak  berkampanye atau memakai lokasi yang ditentukan, tidak ada masalahanya.

“Kampanye terbuka, bisa dipakai dan tidak, dan  boleh-boleh saja. Karena sifatnya jadwal dan lokasi kampanye tersebut,  supaya tertib dan teratur saja agar tidak bertabrakan jadwal,” tukasnya.

 

TEKS             : DIDING KARNADI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster