Jika Parkir Sembarangan Roda Kendaraan akan Dikunci

 170 total views,  2 views today

Ilustrasi Petugas Dishub saat Menguncu Roda Kendaraan yang Parkir sembarangan di Pinggir Jalan | Foto : Bagus Kurniawan

Ilustrasi Petugas Dishub saat Mengunci Roda Kendaraan yang Parkir sembarangan di Pinggir Jalan | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Pemilik kendaraan di metropolis, sebaiknya memarkirkan kendaraan miliknya di tempat-tempat parkir resmi bukan disembarangan seperti dibadan jalan. Sebab jika itu dilakukan, siap-siap saja jika roda kendaraanya ditemukan dalam keadaan terkunci.

Tindakan itu, dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang. Kepala Bidang (Kabid) Wawasan dan Pengendalian Operasional (Wasdalops), Dishub Palembang, Isranedy menyebut, tindakan itu dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pemilik kendaraan yang parkir sembarangan.

“Ini rutin kami lakukan, dalam satu hari bisa 10 sampai 20 unit kendaraan yang rodanya kita kunci karena parkir sembarangan. Biasanya pelanggaran yang terbanyak terjadi di hari libur,” kata Isranedy ketika dibincangi, Selasa (18/3).

Sebenarnya terang Isranedy, jika pemilik kendaraan ada di tempat maka petugas akan memberikan surat tilang. Pemilik kendaraan yang mendapatkan surat tilang tegasnya, tidak bisa menyelesaikan di tempat namun harus mengurusnya di pengadilan. “Berapa besar denda tilangnya, kami tidak tahu. Itu kewenangan pengadilan,” tegasnya.

Namun jika pemilik kendaraan tidak ada, roda kendaraanya yang dikunci. Kendaraan yang rodanya dikunci tersebut, ditempel stiker yang berisikan pemberitahuan kendaraan tersebut melanggar aturan dan nomor telphone Dishub yang bisa dihubungi.

Bagaimana jika ada oknum petugas Dishub yang “bermain mata”, dengan pemilik kendaraan agar berdamai di tempat ? Isranedy menyebut, tidak menutup kemungkinan itu terjadi. Karena tegasnya,  tidak mungkin semua petugas terpantau.

“Namun jika ada masyarakat yang menemukan tindakan seperti itu, oleh petugas kita maka kita minta untuk melapor. Kita pasti akan tindak tegas, petugas yang melakukan hal seperti itu,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster