Bupati OI Buka Lomba MTQ Tingkat Kabupaten

 359 total views,  2 views today

Bupati OI, H. Mawardi Yahya saat memukul beduk tanda dimulainya lomba MTQ Tingkat Kabupaten Ogan Ilir

Bupati OI, H. Mawardi Yahya saat memukul beduk tanda dimulainya lomba MTQ Tingkat Kabupaten Ogan Ilir

– Target Berkibar di Tingkat Internasional

INDERALAYA – Bertempat di Aula, Komplek Perkantoran Terpadu (KPT), Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir (OI), di Desa Tanjung Senai, Kecamatan Inderalaya, Bupati Ogan Ilir (OI), H. Mawardi Yahya secara resmi membuka lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), tingkat kabupaten yang berlangsung 18-21 Maret 2014.

Lomba tersebut diikuti 482 Qori dan Qoriah yang dari 16 kecamatan yang ada di Ogan Ilir. Lomba tersebut dengan tema “Dengan MTQ Kita Junjung Kesatuan dan Persatuan serta Ikhuwah Islamiyah Mencapai Masyarakat OI Yang Maju Mandiri Berkualitas Menuju Sejahtera Berlandaskan Iman, Takwa, Moral, Etika”.

Bupati OI, H. Mawardi Yahya dalam sambutannya mengatakan, ajang MTQ tingkat kabupaten yang saat ini diselenggarakan jangan hanya dijadikan sebagai ajang lomba membaca dan silaturahmi saja, melainkan harus memahami isi dari kandungan acara tersebut.

“Ya, karena itulah, Alquran  harus dijadikan sebagai pedoman hidup untuk membentuk masyarakat berakhlak. Harapan saya, melalui ulama, P3N, mari disetiap desa untuk dikembangkan budaya membaca Alquran. Bukanya sekedar membaca, tapi harus dipahami arti yang terkandung dalam Alquran,” ajaknya.

Dirinya mengakui, saat ini moralitas masyarakat Ogan Ilir sudah mulai menurun. Namun, dirinya berharap, dengan adanya kegiatan lomba MTQ ini, moralitas masyarakat menjadi tumbuh sehingga kedepan akan lebih baik lagi.

“Kegiatan MTQ termasuk pembangunan spiritual. Selain itu kita juga berharap qori-qoriah Ogan Ilir tak hanya bersaing di tingkat nasional namun juga bersaing di tingkat internasional,” harapnya.

Lanjut Bupati, di sisa masa jabatan, dirinya tidak henti-hentinya untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Bukan hanya pembangunan bidang fisik, namun juga mental.

“Kita sudah lihat. Perkantoran terpadu sudah berdiri, jalan sudah masuk desa-kabupaten, pembangunan dan perbaikan sekolah, pembangunan RSUD, perbaikan puskesmas, kegiatan lansia, sosial dan kemasyarakatan lainnya,” bebernya.

Menurutnya, seorang bupati harus berpikir dan melakukan pembangunan  untuk 20-30tahun kedepan, tujuannya guna kesejahteraan masyarakat.

Keabag Kesra sekaligus Ketua Pelaksana Bahrun Syarif mengatakan MTQ merupakan agenda setiap tahun. “Alhamdulillah sekarang kita sudah memiliki perkantoran terpadu, kita berharap tahun depan MTQ tingkat Sumsel diselenggarakan disini. Untuk lomba  ada 7 cabang yang diperlombakan. Nantinya sang juara mendapatkan tropi bergilir, tetap, sertifikat dan uang pembinaan,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK OI, Hj Fauziah menggunting pita bertanda dibukanya bazar. Ada stand 30bazar di acara tersebut. Selain itu pembacaan kalam ilahi oleh Qori terbaik Internasional H Syamsul Bahri dari Sribandung.

Nampak hadir Sekda OI H Sobli, Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat, Ketua TP PKK OI Hj Fauziah Mawardi Yahya, Ketua Dramawanita Hj Ny Sobli, Ketua DPRD OI H Iklim Cahya, Kejati Kayuagung, Pabung, kepada dinas badan dan masyarakat yang hadir.

Cabang Yang Dilombakan

  1. Cabang Tilawah

–          Golongan Tartil Alquran

–          Golongan Anak-anak

–          Golongan Remaja

–          Golongan Dewasa

–          Golangan Cacat Netra (Canet)

–          Golongan Qiro’ah San’ah

  1. Cabang Hifzil Quran

–          Golongan 1 Juz dan Tilawah (Putra/putri)

–          Golongan 5 Juz dan Tilawah (putra/putri)

–          Golongan 10 Juz (putra/putri)

–          Golongan 20 Juz (putra/putri)

–          Golongan 30 Juz (putra/putri)

  1. Cabang Tafsirul Alquran

–          Gol. Bhs Arab beserta hafalan 30 Juz (putra/putri)

–          Gol. Bhs Indonesia beserta hafalan 30 Juz (putra/putri)

–          Gol. Bhs Inggris beserta hafalan 11 Juz (putra/putri)

  1. Cabang Fahmilul Quran
  2. Cabang Syarhilul Quran
  3. Cabang Hotil Quran
  4. Cabang Musabaqoh Menulis Kandungan Qur’an (M2KQ).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster