BSB Luncurkan Program E-Samsat

 586 total views,  2 views today

E-Samsat

E-Samsat

PALEMBANG – Bank Sumsel Babel bersama Jasa raharja, Polda Sumsel, dan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bank Sumsel Babel dengan Jasa Raharja, Kapolda Sumsel, dan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Muhammad Adil, Gebernur Sumsel, H.Alex Noerdin, Kapolda Sumsel, Saud Usman Nasution di Hotel Novotel Palembang, Selasa (18/3).

Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Muhammad Adil mengatakan, melalui kerja sama ini, masyarakat Sumsel dapat membayar pajak kendaraan bermotor melalui ATM Bank Sumsel Babel yang tersebar di seluruh Kota, Kabupaten, dan Pedesaan di Sumsel. Pembayaran juga dapat dilakukan dimana saja dengan waktu yang tidak terbatas.

Dikatakannya,  peluncuran E-Samsat ini merupakan realisasi keseriusan Bank Sumsel Babel dalam meningkatkan kualitas layanan elektronik channel sehingga mampu menjadikan Bank Sumsel Babel sebagai transactional banking utama di Indonesia.

“Kami berharap layanan E-Samsat ini dapat meningkatkan efisiensi penarikan Pajak Kendaraan Bermotor oleh Samsat Sumsel, sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” katanya.

Melalui transaksi E-samsat ini, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotor dimana saja dan kapan saja. Ada dua cara, pertama melalui teller samsat, masyarakat cukup mengisi surat pemberitahuan tentang pajak kendaraan bermotor (SPPKB) di kantor samsat tempat di mana kendaraan tersebut terdaftar.

Sedangkan melalui teller umum/ATM, masyarakat wajib melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan melalui teller umum atau ATM dengan memasukkan tahun registrasi dan nomor KTP.

Adil optimis, layanan E-Samsat ini dapat mendukung peningkatan transaksi perbankan di Bank Sumsel Babel karena jumlah pemilik kendaraan bermotor di wilayah Sumsel saat ini mencapai 10 juta pemilik.

“Besarnya jumlah pemilik kendaraan bermotor merupakan peluang bisnis yang sangat potensial untuk memperkuat jaringan elektronik Bank Sumsel Babel,” ujarnya.

Kerja sama layanan e-Samsat ini adalah langkah awal dan merupakan salah satu dukungan Bank Sumsel Babel dalam mendorong peningkatan penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah yang merupakan pendapatan bagi Pemprov Sumsel. Bank Sumsel Babel yakin sesuai dengan tag linenya mampu memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat.

Dalam setiap kesempatan, Bank Sumsel Babel selalu ingin tumbuh bersama dengan setiap mitranya, terbuka kemungkinan kerjasama ini akan diperluas dalam layanan jasa perbankan lainnya untuk peningkatan kinerja kedua belah, mengingat peranan dan kegiatan usaha Samsat Sumsel Babel yang sangat luas.

Hal ini tentunya sejalan dengan misi Samsat dan Bank Sumsel Babel yang ingin selalu mewujudkan pelayanan publik yang excellent, terpercaya dan transparan. Dengan memanfaatkan dan mendayagunakan sistem teknologi dan informasi yang dimilikinya Samsat Sumsel menjadikan layanan e-Samsat ini sebagai terobosan baru untuk melengkapi layanan Samsat

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster