Retribusi Parkir Tidak Ada Target

 286 total views,  2 views today

Para petugas parkir saat menerima seragam dari Asisten II Setda Burdani Akil SH

Para petugas parkir saat menerima seragam dari Asisten II Setda Burdani Akil SH

PALI – Meski roda pemerintahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sudah berjalan, namun potensi pengelolaan perparkiran di Daerah Otonomi Baru (DOB) nampaknya belum bisa dioptimalkan sedemikian rupa.

Pasalnya, tidak ada target jelas yang dipatok dari sektor retribusi sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Kabupaten PALI, Drs Rusman Firman MM menyebutkan, retribusi dari sektor parkir untuk tahun ini memang belum ditarget.

“Belum ada target. Dan memang sepertinya terminal ini belum bisa ditarget macam itu,” ujar Rusman kepada KabarSumatera, Senin (17/3).

Namun yang jelas, lanjutnya, untuk PAD sektor parkir sendiri terhitung sejak Januari 2014, tidak lagi disetorkan ke Muaraenim. Dalam artian sudah masuk ke kas daerah.

“Langsung masuk kas daerah kita terhitung Januari, sehingga dengan demikian menjadi pendapatan tambahan untuk Pali sendiri,” sebutnya.

Diterangkan dia, untuk wilayah Talang Ubi sendiri, sedikitnya terdapat 19 titik parkir resmi yang ditarik retribusi parkirnya. Sampai sekarang pihaknya belum ada rencana untuk menaikkan tarif parkir. Tarifnya tetap, yakni Rp500 untuk kendaraan roda dua (motor) dan Rp1.000 untuk kendaraan roda empat. Sesuai dengan Perbup No 21 tahun 2013 tentang retribusi parkir

Dituturkannya, saat PALI masih masuk wilayah induk Muaraenim, dari sektor parkir ini rutin menyumbang untuk kas daerah (Muaraenim) sebesar Rp2,5 juta perbulan. Dan itu akan tetap diberlakukan pihaknya.

“Dalam sebulan, kita belum dapat memperkirakan berapa besar pendapatan daerah dari sektor ini (parkir). Maka dari itu, kita juga tidak menaikkan tarif parkir karena kita belum menargetkan pemasukan dari sektor ini (PAD),” tegasnya.

 

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster