Pemilih Boleh Pindah TPS

 76 total views,  3 views today

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

KAYUAGUNG – Setiap orang yang memiliki hak suara dan sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak diharuskan memberikan hak suaranya pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditetapkan panitia. Artinya setiap  pemilih diperbolehkan pindah ke TPS lain saat pemilu. Syaratnya, mata pilih tersebut harus meminta surat keterangan pindah TPS dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan/desanya. Surat pindah TPS itu bisa diambil setelah PPS menerima kiriman logistik pemilu dari KPU.

“Surat pindah itu paling lambat diambil H-3 sebelum pencoblosan 9 April mendatang,”kata Ketua KPUD OKI Dedi Irawan SIP diwakili Deri Siswadi SIP selaku Ketua Divisi Sosialisasi dan Kampanye di Sekretariat KPUD OKI, Senin (17/3).

Mekanismenya, sambung Deri, tidaklah rumit. Mata pilih tersebut mendatangi PPS paling lambat H-3 dan meminta dan mengisi formulir surat keterangan pindah TPS yang sudah disiapkan. Lalu surat dari PPS TPS awal itu dibawa ke TPS tujuan.

Katanya, diperbolehkannya setiap mata pilih mengajukan pindah TPS dari TPS asal ke TPS tujuan tersebut sesuai Peraturan KPU Tahun 2013. Tujuannya, untuk memberikan kesempatan kepada setiap mata pilih dalam memberikan hak suaranya.

“Juga untuk meminimalisir Golput dan memaksimalkan angka partisipan pemilih,” sambung Deri.

Deri Siswadi yang sebelumnya menjabat Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) OKI menambahkan, hingga saat ini belum diketahui jumlah mata pilih yang mengajukan pindah TPS. Jumlah itu akan terdeteksi mulai H-3 nanti,” ujarnya.

 

TEKS : DONI AFRIANSYAH

EDITOR : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster