Oknum Polisi Minta Tebusan Rp 35 Juta

 173 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Usai dilaporkan hilang selama enam bulan, sejak Agustus 2013 lalu, kendaraan roda empat bernomor polisi BG 1605 RK milik Riko (27) warga Perumahan OPI Jakabaring Palembang, akhirnya ditemukan di Kayuagung saat hendak ditebus Rp 35 juta dari seorang oknum anggota Polres OKI, bernisial Brigpol A,  Senin (17/3) pukul 12.30 WIB.

Bahkan untuk mengambil mobil Xenia yang sudah diganti nopol palsu BG 1397 RL ini kembali melibatkan beberapa personel kodim 0402 OKI, pasalnya, ada informasi  dalam kasus penggelapan ini ada dugaan oknum TNI juga ikut terlibat, meskipun kemudian diketahui tidak ada oknum TNI yang terlibat.

Selain mengamankan barang bukti, petugas juga mengamankan Dedi (40) warga Sungai II Banyuasin yang berperan sebagai perantara pemilik mobil dengan pemegang gadaian yang meminta uang tebusan kepada korban, sementara oknum anggota yang menerima gadaian dilepaskan.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, pada bulan a
Agustus 2013 lalu Riko selaku pemilik mobil meminjamkan mobil Xenia miliknya kepada salah seorang temannya yang bernama Benny (DPO) di Palembang untuk suatu keperluan.

Namun sejak hari itu Benny tidak pernah mengembalikan mobil milik korban dan tidak diketahui keberadaannya, sementara ponselnya dalam keadaan tidak aktif, setelah melakukan pencarian selama dua bulan dan tidak diketahui jejak pelaku akhirnya korban melaporkan persitwa ini ke Polresta Palembang.

Dalam pencarian korban meminta bantuan kepada Dedi untuk melacak keberadaan mobil miliknya sehingga korbanpun harus mengeluarkan biaya operasional sebesar Rp6 juta kepada Dedi, setelah cukup lama akhirnya mobil tersebut dapat dilacak keberadaannya.

“Saya minta bantuan Dedi untuk mencari mobil tersebut dan ada kabar bahwa mobil itu berada di Kayuagung dan meminta uang tebusan Rp 35 juta,” kata Riko.

Setelah berkomunikasi dengan pemegang mobil, keduanya kemudian meluncur ke Kayuagung untuk menebus mobilnya, antara keduanya sempat berjanji lokasi penyerahan mobil dan uang tebusan di beberapa lokasi seperti di samping BNI Kayuagung, Terminal Kayuagung, Rumah Makan Hikmah dan terkahir didepan Gedung Kesenian Kayuagung.

“Kemudian kami bertemu di depan Bank Sumselbabel Kayuagung dan saat itu saya bersama dengan Dedi bertemu oknum tersebut didalam mobil dan dia menyatakan bahwa meminta tebusan Rp 35 juta, sebab mobil itu digadaikan oleh Benny kepadanya,” ujar Riko.

Namun saat sedang nego uang tebusan ini anggota Polsek Kayuagung bersama dengan beberapa personel Kodim 0402 OKI langsung menyergap, oknum anggota yang berada didalam mobil korban sempat digeledah petugas, namun kemudian dilepaskan, sementara Dedi dan Riko berikut barang bukti diamankan di Mapolsek Kayuagung, selanjutnya akan dilimpahkan ke Polresta Palembang mengingat peristwa tersebut terjadi diwilayah hukum Polresta Palembang.

Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat SIK didampingi Kapolsek Kayuagung AKP Hendra Gunawan SH membenarkan pihaknya telah mengamankan barang bukti berupa mobil Xenia yang dikabarkan hilang oleh pemiliknya, selain itu pihak kepolisian juga telah mengamankan beberapa orang warga untuk dimintai keterangan.

“Kita hanya membantu saja, kalau kasusnya ditangani oleh Poltabes Palembang dan kita amankan beberapa orang namun hingga saat ini kita masih lakukan pemeriksaan intensif, termasuk jika ada anggota kita yang terlibat akan kita berikan sanksi tegas,” sebut Kapolsek.

Dandim 0402 OKI Letkol M Arif Suryandaru mengatakan, memang pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan backup petugas kepolisian, sebab sebelumnya ada informasi bahwa ada dugaan keterlibatan oknum anggota TNI, namun dapat dipastikan tidak ada oknum Anggota TNI baik dari Kodim 0402 OKI maupun yang lain yang terlibat.

“Memang benar kita memperoleh informasi, oleh karena itu kita ikut memback up namun dapat dipastikan tidak ada anggota kita yang terlibat, jika ada tentu akan kita tindak tegas,” katanya.

 

TEKS  : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster