Mayoritas Partai Tak Ambil Jatah Kampanye

 260 total views,  2 views today

PAGARALAM – Berdasarkan tahapan yang telah ditentukan, masa kampanye sudah memasuki hari  kedua. Sementara sejauh ini belum satu pun partai politik (parpol) yang mengambil jatah kampanye terbuka pada putaran pertama. Jatah kampanye terbuka hari Minggu (16/3) lalu menurut jadwal yang ada di Komisi Pemilihan Umum Kota (KPU) Pagaralam  adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namun, dua partai putih dan merah itu tidak melakukan aktivitas berarti terkait kampanye partai mereka.

Termasuk pula pada Senin (17/3), merupakan jatah Partai Demokrat dan Partai Gerindra juga tidak mengambil jadwal kampanye yang semestinya dijadwalkan di Alun-alun Utara Kota, di Lapangan SMPN 2, di Alun-alun Selatan dan Lapangan Sukajadi. Kendati demikian, belum diperoleh keterangan resmi terkait alasan partai yang tidak mengambil jatah kampanye.

Syawaludin, salah seorang caleg PKS di dapil Pagaralam Utara mengatakan hari Minggu kemarin pengurus inti partai dakwah itu ada kegiatan di Palembang.

“Kami ikut kegiatan di BKB dan ada acara intern partai di Palembang,” ujarnya.

Demikian pula Ruliansyah, seorang caleg dapil 2 Pagaralam selatan dari Partai Gerindra menyampaikan, hingga kini pihaknya belum memutuskan apakah akan mengadakan kampanye terbuka.

“Sesuai dengan instruksi dari pusat memang ada imbauan agar pelaksanaan kampanye melihat situasi di daerah. Jika memang dipandang kampanye terbuka dapat membawa hal-hal negatif pada partai ada kesepakatan dihindari saja. Jadi, masing-masing caleg memikirkan langkahnya sendiri,” kata pria yang akrab disapa Ruli ini kepada Harian Umum Kabar Sumatera, kemarin.

Terpisah, Ketua KPU Pagaralam, Hendri didampingi Komisioner Divisi Sosialisasi Irfan mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah membuat jadwal kampanye secara adil dan merata. Namun, belum ada laporan yang masuk dari partai apakah mereka akan melaksanakan kampanye terbuka atau tidak.

“Kemarin baru ada pemberitahuan dari PBB, katanya akan mendatangkan juru kampanye nasional. Namun, kita masih menuynggu pemberitahuan lebih lanjut,” ujarnya.

Meski begitu, jika melihat jadwal yang sudah berjalan tampaknya memang akan banyak parpol yang tidak mengambil jatah kampanye tersebut.

“Kemungkinan mereka akan melaksanakan kampanye pada putaran dua nanti,” kata Hendri.

 

TEKS  : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster