KPU Kebut Pelipatan Surat Suara

 176 total views,  2 views today

– Kerahkan  800 Pelipat

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, harus melakukan gerak cepat untuk melipat dan mensortir surat suara untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April mendatang.

Penyortiran dan pelipatan surat suara sendiri, baru akan dilakukan pada 20 Maret mendatang. Jadwal ini molor dari rencana sebelumnya, yang diagendakan pada 13 Maret lalu.  “Memang jadwal diluar target, ini karena pasca pemenang tender oleh pihak ketiga masih ada masa sanggah. Sehingga paling cepat pensortiran dan pelipatan, akan dilaksanakan pada 20 Maret nanti,” kata Ketua KPU Palembang, Abdul Karim Nasution, Senin  (17/3).

Meskipun demikian, kata Karim, pihaknya tetap optimis pelipatan dan pensortiran tidak akan mengganggu tahapan pendistribusian ke Panitian Pemungutan Suara (PPS) tingkat Kelurahan.

“Kita tetap yakin akan tepat wakyu meskipun pekerjaan awalnya tidak sesuai target. Karena pihak ketiga akan melibatkan sekitar 800 orang untuk melakukan pensortiran dan pelipatan, jika dalam sehari saja nanti selesai satu daerah pemilihan, maka 6 dapil di Palembang akan selesai paling lama delapan hari,” ucapnya.

Masih menurut Karim, surat suara untuk kota Palembang berdasarkan boks yang diterima, sudah cukup dengan total 4593 boks surat suara. Tapi KPU belum mengetahui, apakah nanti ada kekurangan atau tidak karena belum dilakukan pensortiran.  “Itu berdasarkan boks, isi satu boks seribu surat suara,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam pelipatan nanti surat suara di diskualifikasi, jika masuk dalam kategori tidak sempurna cetakannya, seperti meluber warnanya, tulisannya tak jelas atau robek dan rusak pelipatan saat cetak. “Kita sudah lakukan koordinasi dengan KPU Sumsel, via telepon dan menceritakan keadaan surat suara Palembang. Selain karena sortir belum selesai, bertambahnya pemilih khusus yang mencapai 7 ribu pemilih, bisa terbuka kemungkinan surat suara nantinya juga akan ditambah, maknya kita berharap ada tolerasni dari KPU,” paparnya.

Terpisah, anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang Divisi Pengawasan Amrullah mengaku, tidak mempermasalahkan kapan dimulainya pelipatan dan pensortiran surat suara sepanjang waktu distribusi sesuai tahapan.

“Yang jelas kita minta logistik Pileg sudah didistribusikan KPU ke PPS pada H-3 sebelum pencoblosan. Kita sudah siapakan tim untuk mengawasi proses pelipatan sampai distribusi,” tukasnya.

 

TEKS             : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster