Kesbangpol Buka Posko Pengaduan Pileg

 166 total views,  2 views today

Ilustrasi | Bagus Park

Ilustrasi | Bagus Park

PALEMBANG – Untuk menampung berbagai pengaduan kecurangan yang terjadi selama Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Palembang akan buka desk Pileg.

Kepala Badan Kesbangpol Palembang, Altur Febriansyah mengatakan, desk Pileg atau posko pengaduan tersebut akan di tempatkan di Kantor Kesbangpol, yang akan di operasional selama 24 jam.

“Posko tersebut akan diresmikan pada H-5 Pileg, dan H+5 setelah Pileg. Dengan adanya posko tersebut, kita bisa menampung semua pengaduan mulai dari kampanye sampai yang terakhir penghitungan suara, hingga pelantikan DPRD, DPR RI, maupun DPD RI,” kata Altur dibincangi, Senin (17/3).

Ia menerangkan, posko tersebut nantinya, akan menampung catatan atau kritik dari masyarakat terhadap jalannya Pileg 2014. Menurutnya, melalui posko tersebut, nantinya akan disampaikan informasi dari masyarakat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). “Didalam pileg ini pasti ada laporan, biasanya setiap caleg maupun partai mempunyai catatan tersendiri terkait dengan kandidat masing-masing wilayah,” ujarnya.

Altur mengaku, setelah laporan masuk ke posko, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu, untuk segera ditindaklanjuti laporan tersebut. “Kalau memang laporan tersebut sudah menyangkut masalah pidana,  kita akan serahkan masalah tersebut ke pihak kepolisian,” bebernya.

Altur juga berharap, partisipasi masyarakat dalam pileg nanti dapat meningkat. Katanya, KPU menargetkan partisipasi pemilih secara nasional mencapai 75 persen. Di Palembang, Altur yakin persentase itu bisa tercapai bahkan melebihinya.   “Sosialisasi terus kami lakukan, agar masyarakat menggunakan hak pilihnya,” tukasnya.

 

TEKS             : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster