KPU Tambah Titik Kampanye

 334 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang,  menambah titik kampanye dari 11 titik menjadi 12 titik kampaye, untuk dimanfaatkan sebagai tempat bagi partai politik (parpol) maupun calon anggota DPD dalam mensosialisasikan diri pada masa kampanye akbar Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

“Perubahan ini, kita lakukan setelah ada pengkajian ulang terhadap lokasi kampanye rapat umum yang melibatkan semua pihak terkait. Jadi ada penambahan satu titik lagi dari sebelumnya,” kata Ketua KPU Palembang, Abdul Karim Nasution ketika dibincangi, kemarin.

Menurut dia, perubahan juga dilakukan kawasan kampanye rapat umum yang menggunakan lapangan bola Jalan Inspektur Marzuki RT/RW 04/09, Keluarahan Siringagung, Kecamatan IB I. Dialihkan ke lapangan PT Marine Mandiri Shipping Sialine, Jalan Hisbullah, RT 02, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus Palembang.

“Penentuan lokasi kampanye rapat umum, banyak yang harus dipertimbangkan. Terutama, mengenai akses jalan, keamanan lokasinya representatif untuk digunakan kegiartan kampanye rapat umum yang melibatkan khalayak ramai,” jelasnya.

Lanjut dia, lokasi kampanye rapat umum yang bias digunakan oleh parpol dan calon DPD, ada 12 titik meliputi seberang ilir dan seberang ulu dengan 6 daerah pemilihan di Kota Palembang. “Pada pelaksanaannya, setiap titik tidak bisa digunakan secara berurutan supaya stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah yang menjadi tempat kampanye tetap terjaga,” ujarnya.

Adapun lokasi kampanye tersebut, lapangan sepakbola Jalan Peternakan Raya RT 16, Kelurahan Sukabangun, lapangan sepakbola PRGOT di Jalan Najamudin Keluarahan Sukamaju, lapangan sepakbola Komplek Yuka Jalan Swakarya II Kelurahan Sukamaju.

Kemudian Stadion Patrajaya di Jalan DI Panjaitan, lapangan Blekok Jalan Kapten Robani Abdul Kadir Talangputri, lapangan sepakbola PLTU di Jalan Abikusno CS Kecamatan Kertapati.

Kemudian lapangan sepakbola PT PAN I di Jalan Ki Kemas Rindo RT/RW 36/06 Keluarahan Ogan Baru, plaza Benteng Kuto Besak (BKB), lapangan PT Marine Mandiri Shipping Sialine di Jalan Hisbullah Gandus.  Lalu Stadion Kamboja di Jalan Mayor Santosos, Lapangan Hatta di Jalan Taman Siswa dan lapangan sepak raga di Jalan Ratu Siaonum.

Kampanye rapat umum berlangsung selama 21 hari. Mulai tanggal 16 Maret-5 April, 6-8 merupakan hari tenang, yang tidak boleh lagi ada aktivitas kampanye atau sosialisasi bagi parpol maupun caleg di masa tenang tersebut. 9 April, hari pencoblosan disusul rekapitulasi di tingkat PPS.

Terpisah, anggota Bawaslu Sumsel, Divisi Pengawasan, Kurniawan menyampaikan, KPU hendaknya membuat klasifikasi lokasi kampanye selain untuk digunakan kampanye rapat umum.

Menurut dia, untuk kampanye tertutup atau indoor, hingga saat ini belum ada tembusan yang diterimanya. “Semestinya, area yang nantinya akan digunakan untuk berkampanye baik rapat umum maupun kampanye indoor, itu harus diperjelas sehingga peserta pemilu juga bisa memahami dan menaati ketentuan yang ada,” ungkapnya.

Menurut dia, pelaksanaan pilkada bisa dijadikan barometer dalam membuat jadwal atau tempat untuk kampanye bagi peserta pemilu, jangan juga membuat parpol atau calon DPD bingung sehingga menentukan sendiri lokasi yang akan digunakan tanpa ada koordinasi dengan pihak penyelenggara.

“Kami mendapat informasi, kalau Partai Golkar akan menggelar kegiatan kampanye di PSCC. Sementara, KPU sendiri belum menentukan apakah PSCC itu bisa digunakan atau tidak. Memang, pada saat pilkada PSCC, merupakan satu dari beberapa area yang bisa digunakan untuk melakukan kampanye tertutup,” tukasnya.

 

TEKS             : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster