KPU Prabumulih Canangkan Pemilu Damai

13 total views, 3 views today

Pawai kirab  dilaksanakan seluruh parpol di Prabumulih.

Pawai kirab dilaksanakan seluruh parpol di Prabumulih.

PRABUMULIH – Perhelatan kampanye pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD pada 16 Maret 2014 pertanda para partai politik memulai kampanye terbuka dan menunjukkan taringnya masing-masing dengan mengeluarkan visi dan misi partai serta para calegnya masing-masing. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih mengajak seluruh partai yang ada di Prabumulih menjadikan pemilu kali sebagai pemilu yang damai dan tidak sebagai ajang untuk saling menjelek-jelekkan serta membuat suatu hal yang dapat merugikan partai serta calegnya masing-masing.

Pelaksanaan pemilu damai yang dilaksanakan KPU dimulai dengan mengumpulkan seluruh partai yang ada di Hotel Grand Nikita untuk menanda tangani pemilu damai dan membacakan beramai-ramai oleh seluruh aktivis partai yang menghadiri acara pemilu damai tersebut.

Adapun isi kesepakatan pemilu damai; kami akan menaati peraturan yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2014, bahwa kami akan saling menghormati aspirasi politik warga kota Prabumulih serta tetap berupaya untuk terpeliharanya kamtibmas yang kondusif, bahwa kami akan menyerahkan permasalahan yang timbul kepada institusi yang berwenang untuk diselesaikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, bahwa kami akan mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi atau golongan atau menjaga kokohnya persatuan dan kesatuan diwilayah kota Prabumulih serta kami akan menerima hasil pelaksanaan pemilu tahun 2014 di kota Prabumulih yang diselenggarakan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Usai membacakan dan menandatangani kesepakatan damai yang di prakarsai oleh KPU Kota Prabumulih selanjutnya para peserta pemilu tahun 2014 ini melaksanakan kirab yang dimulai dari Hotel Grand Nikita selanjutnya berak-arakan menuju daerah Tanjung Raman dengan menyusuri Jalan Protokol (Sudirman) yang dan setiap partai peserta pemilou hanya dibolehkan dengan membawa dua kendaraan roda empat dan tiga kendaraan roda dua.

Ketua KPU Kota Prabumulih Drs Takhtul Hamid MM kepada Kabar Sumatera mengatakan, pelaksanaan kirab pemilu damai di Kota Prabumulih tahun 2014 agar dapat dilaksanakan partai yang mengikuti perhelatan pesta pemilu dengan sebaik-baiknya. Dan, setiap peserta pemilu akan melaksanakan tiga  kali putaran disetiap dapilnya.

“Kami berharap agar para caleg dan partainya silahkan menarik simpati dari konstituen sebanyak-banyaknya dengan dan khusunya kepada para calon legislative lakukanlah dengan benar dan jangan saling menjelek-jelekkan dan lakukanlah dengan santun dan semua itu harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Takhyul.

Sekretaris Partai Golkar Daud Rotasi menambahkan, ia sangat setuju dengan adanya inisiatif pelaksanaan pemilu damai yang dilaksanakan oleh KPU Kota Prabumulih.

“Karena dengan adanya pelaksanaan pemilu damai ini semua peserta pemilu dapat mengeluarkan visi dan misi partai dan juga menjual visi-misi calegnya di dapilnya masing-masing,” ucapnya.

 

TEKS      : IRSAN MATONDANG

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com