Ketua IPSI PALI : Target Juara Satu Nasional

 265 total views,  2 views today

Irwan ST Pimpin IPSI PALI saat sedang di lantik

Irwan ST Pimpin IPSI PALI saat sedang di lantik

PALI – Bagi penggemar pencak silat di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), ada tradisi yang selalu diukir setiap tahun saat masih bergabung dengan Muara Enim yakni tradisi prestasi yang selalu diukir para pendekar dari Bumi Serepat Serasan ini.

Hampir disetiap even yang diikuti, selalu mendapat pencapaian yang memuaskan.

Pada 2013 lalu, salah satu atlet, Rizki Yuliansyah berhasil meraih medali perunggu dalam Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN) tingkat nasional.  Pendekar muda dari Bumi Serepat Serasan itu mendapat peringkat III seluruh Indonesia untuk kelas B di kategori Laga .

Rizki yang masih duduk di bangku sekolah kelas 10 SMAN 1 Talang Ubi itu bukan satu-satunya atlet pencak silat berprestasi nasional. Sebelumnya ada nama Imam Wijaya berhasil mengukir prestasi yang sama. Imam juga berhasil merebut perunggu dalam event O2SN tingkat nasional.

“Sepertinya kita selalu mentok di peringkat III nasional,” kata Drs HM Haris Muttaqin, wakil Ketua IPSI Kabupaten PALI.

Merasa yakin mampu berprestasi lebih tinggi lagi, IPSI menggelar Kejuaraan Daerah (kejurda) Kabupaten PALI. Ajang yang diikuti 93 peserta dari 7 perguruan silat itu digelar selama dua hari, 15-16 Maret 2013 di Gedung Pesos Pendopo.

“Kompetisi itu penting karena jadi barometer terhadap pencapaian anak-anak dalam latihan. Dengan adanya kompetisi, anak-anak akan lebih giat. Nanti secara rutin akan kita gelar kejuaraan-kejuaraan seperti ini,” jelas Irwan ST, Ketua IPSI Kabupaten PALI.

Saat ini sudah terpantau 400 anggota yang rutin berlatih di 7 perguruan yang tersebar diseluruh Kabupaten PALI. Meski memiliki banyak anggota, IPSI masih kekurangan tenaga wasit untuk menggelar event kejuaraan dan tenaga pelatih, khususnya pelatih seni.

“Kalau ada kejuaraan kita cuma bisa mengirim atlet laga saja. Kita belum ada pelatih seni yang mumpuni. Karena itu kita akan agendakan pengiriman pelatih dan calon wasit untuk mengikuti pelatihan. Kita harapkan potensi yang ada sekarang bisa berkembang lebih pesat lagi. Kalau selama ini mentok di peringkat tiga nasional, kita ingin juara 1 nasional,” ungkap Irwan ST.

Pengurus IPSI PALI Resmi Dilantik

Sebelumnya, wakil Ketua Pengda IPSI Sumatera Selatan, Drs H Muslimin SE MSi melantik kepengurusan Pengcab IPSI Kabupaten PALI. Dihadiri Asisten I Setda Kab PALI Amiruddin Tjikmat, Irwan ST dilantik sebagai ketua, Drs HM Haris Muttaqin (wakil ketua), Fadri SPdI (sekretaris) dan Tri Yanti Anggraini (bendahara).

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster