Kadistamben: Kalau Ada Laporan, Kami Baru Turun

 252 total views,  4 views today

Kepala Distamben LH Kab PALI, saat berbicara dalam konsultasi Publik.

Kepala Distamben LH Kab PALI, saat berbicara dalam konsultasi Publik.

-Terkait Pencemaran Lingkungan

PALI – Sebagai daerah penghasil minyak bumi, pencemaran lingkungan yang disebabkan kebocoran minyak merupakan hal yang kerap terjadi. Tidak jarang pencemaran ini merugikan berbagai pihak.

Sumur minyak yang mayoritas berdekatan dengan kebun warga, terkadang menimbulkan kerugian dikalangan petani.

Namun sayang, meski kerap terjadi pencemaran, Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup (Distamben LH), Kabupaten PALI tidak serta merta langsung turun tangan menyelesaikan konflik tersebut sebelum salah satu pihak melapor.

“Bila ada laporan pasti kita tindaklanjuti. Kita akan turunkan tim ke lokasi pencemaran itu. Tapi kalau tidak ada laporan tertulis, sulit bagi kita untuk bertindak” kata Kadistamben LH, Ir M Saleh.

Hal ini diungkapkan M Saleh saat menanggapi pernyataan beberapa anggota DPRD Muara Enim asal Dapil PALI. Para anggota dewan itu menghadiri Konsultasi Publik di Talang Ubi, Sabtu (14/3).

Menurut Saleh, pihaknya kesulitan untuk menindaklanjuti pencemaran yang terjadi bila tidak ada laporan tertulis. Distamben LH tidak akan bertindak bila laporan yang masuk ke dinas nya hanya berupa rumor. “Kalau cuma rumor atau pemberitaan saja, kami tidak bisa menindaklanjutinya,” tegas Saleh.

Sampai saat ini, Distamben LH baru menangani dua kasus pencemaran lingkungan. Kedua kasus tersebut terjadi di Air Itam dan Gunung Menang. Keduanya diakibatkan kebocoran minyak yang merugikan warga.

Karena itu, Saleh berharap, agar masyarakat yang dirugikan akibat pencemaran lingkungan apalagi oleh perusahaan besar untuk membuat laporan tertulis kepada Dinas Tamben LH. “Kalau ada laporan tertulis, pasti kita tindak lanjuti,” tegas Saleh.

 

Teks/Foto      : Indra Setia Haris

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster