Jalan Tol Masih Tunggu Investor

 259 total views,  2 views today

Ilst. Tol Indralaya - Palembang

Ilst.  – Antaranews.com

KAYUAGUNG – Saat ini pembangunan lanjutan pembangunan jalan Tol Kayuagung-Jakabaring masih belum jelas, padahal pemerintah kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah menyelasaikan proses pembebasan lahan yang terkena jalur tol tersebut. Padahal tahun 2012 yang lalu invetor sempat memulai pekerjaan, lalu berhenti di awal 2013 hingga sekarang belum jelas.

Bupati OKI Iskandar mengatakan bahwa pembangunan Tol Kayuagung-Jakabring sangat mendesak, untuk mendukung jalur transportasi di pulau sumatera, mengingat jalur lintas timur (jalintim) saat ini sudah sering macet sehingga sangat menggangu pengguna jalan.

“Kita sudah berkomitmen akan melanjutkan percepatan pembangunan jalan tol Kayuagung- Jakabaring tersebut,  Manfaatnya tidak hanya bagi masyarakat  Kabupaten OKI juga bagi kawasan Sumatera,” ungkap Iskandar.

Menurut Iskandar, pembangunan jalan tol Kayuagung-Jakabaring memang sempat terkendala oleh proses administrasi, dan mundurnya Investor yang sempat mengerjakan tol torsebut.

“Sebenarnya sekarang tinggal menunggu Investor saja untuk melanjutkan proyek tersebut,” jelasnya.

Dikatakan Iskandar tidak kurang Rp 50 miliar dana pemerintah baik dana sharing Kabupaten, Provinsi dan  pemerintah pusat yang dikucurkan untuk program pembangunan jalan tol ini.

“Untuk pembabasan lahan untuk jalur tol, khusus di Kabupaten OKI sepanjang  27 km lebih sudah dibebaskan, bahkan jalurnya sudah ditimbun, tinggal kapan Investor mengerjakannya,” ungkapnya.

Namun demikian dikatakan Iskandar perlu ada kajian detail engineering design (DED) ulang terhadap program pembangunan tol Kayuagung-Jakabaring tersebut karena harus disesuaikan dengan nilai inflasi pada saat ini.

Ditambahkan Kepala Dinas Pekerjaan umum Bina Marga (PUBM) Kabupaten OKI Syamsul Bahri, bahwa terhambatnya pembangunan jalan tol Kayuagung-jakabaring itu karena adanya pergantian Investor.

“Pembangunan jalan tol itu tinggal kesiapan investor saja, Sebelumnya Investor dari Malaysia menyatakan sudah siap, ternyata belakangan Mundur karena terkedala keungan, terpaksa Investor lokal mencari Investor baru,” katanya.

Kata Syamsul, pihaknya sudah bekerja keras untuk proses pembangunan jalan tol Kayuagung-Jakabaring termasuk Kayuagung-Lampung.

“Kita sudah selesaikan proses pembebasan lahan, untuk kita ketahui bahwa Jalan tol Kayuagung – Jakabaring di bangun sepanjang 34 Km, akan dibangun dalam empat lajur, selain panjang 33 km, lebar 50 meter,.

selain itu juga akan dibangun pintu tol di Simpang Susun (SS) SP Padang STA 13-300, SS Jejawi STA 23 + 950 dan SS Jakabaring STA 35 + 300 dan barier gate di Kayuagung.

Sementara untuk pembangunan jalan tol Lampung – Palembang yang akan dilaksanakan tahun depan. Disepakati bahwa pemerintah akan bekerjasama dengan perusahaan Korea untuk mengerjakan proyek tol tersebut.

 

TEKS     : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster