Jalan Kol H Barlian & Sudirman Bebas Reklame Bertiang

 340 total views,  2 views today

PALEMBANG – Dinas Tata Kota (DTK) Palembang menargetkan 10 hari kedepan, dua kawasan jalan protokol di Palembang yakni kawasan Jalan Kol H Barlian dan Jend Sudirman akan bebas dan reklame bertiang.

Kepala DTK Kota Palembang, Isnaini Madani menyebut penertiban dua kawasan jalan protokol itu dari papan reklame bertiang dilakukan karena keberadaan papan reklame bertiang tersebut, membuat semrawut dan mengurangi keindahan kota.

Isnaini menyebut, DTK Palembang setidaknya sudah menertibkan ratusan unit papan reklame bertiang dari dua kawasan tersebut.  “Kami berkeinginan untuk secepatnya ditertibkan, bahkan kurang dari 10 hari, tapi tidak mudah. Karena penertiban hanya dilakukan malam hari, karena apabila dilakukan siang hari akan menyebabkan kemacetan,” kata Isnaini dibincangi, kemarin.

Isnaini menjelaskan, setelah dua kawasan itu ditertibkan maka fokus penertiban akan dialihkan ke kawasan lainnya seperti Jalan Demang Lebar Daun, Sumpah Pemuda, Bukit Besar, Bukit Kecil, Radial, Letkol Iskandar, Kapte A Rivai, Merdeka, Veteran, Basuki Rahmat, R Sukamto, MP Mangkunegara, M Isa, Ryakudu dan Wahid Hasyim. “Jalan-jalan tersebut, dalam waktu dekat akan kami tata kembali secara bertahap,” janjinya.

Sambung Isnaini, Palembang merupakan satu-satunya kota yang paling konsen dalam penataan, apalagi menjelang penilaian Piala Adipura Kencana. Penertiban reklame tersebut terangnya, sudah tiga kali dilakukan.

Pertama, menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON), kedua menjelang SEA Games, sedangkan saat ini adalah yang ketiga. “Penertiban ini ibaratkan menyelam sambil meminum air, karena untuk mengatasi kesemrawutan serta juga untuk menertibkan pemilik reklame yang melanggar administratif,” bebernya.

Isnaini mengaku, memang penertiban itu bukan perkara yang mudah, karena pihaknya harus mengirimkan dahulu Surat Edaran (SE) agar pemilik reklame mengubah bentuk reklamenya sendiri. Lalu DTK, juga harus memberikan tenggang waktu selama waktu tertentu, terkadang juga pihaknya menambah tenggang waktu tersebut.

“Upaya ini untuk meningkatkan kesadaran pemilik tiang reklame, tetapi jika mereka tidak mengindahkannya maka kami harus bertindak tegas. Diharapkan kedepan setiap elemen masyarakat sadar akan keindahan kota Palembang,” tukasnya.

 

TEKS             : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster