“Deklarasi Ini Harus Jadi Contoh”

 207 total views,  6 views today

pemilu

PAGARALAM – Jelang pemilihan umum legislatif  (pileg) pada 9 April mendatang, harus disukseskan oleh seluruh lapisan masyarakat. Berikut tingkat partisipasi pemilih di Pagaralam harus tinggi dan pelaksanaannya diharapkan  menjadi contoh yang terbaik bagi daerah lain. Hal itu dikemukakan Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni dalam sambutannya disaat menghadiri acara Deklarasi Kampanye Damai 12 Parpol peserta pemilu yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam di Alun-alun Utara Kota Pagaralam, Sabtu (15/3) kemarin.

Menurutnya, dalam beberapa pelaksanaan pemilihan umum termasuk pemilihan walikota dan wakil walikota tahun lalu, Pagaralam selalu menjadi contoh bagi Kabupaten dan Kota lain. Selain itu tingkat partisipasi masyarakat di Pagalaram tergolong tinggi mencapai 85 persen.

“Kendati demikian, tingkat partisipasi pelaksanaan pemilihan legislatif kali ini diharapkan dapat mencapai 95 persen,” harapnya.

Ida mengajak segenap lapisan masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilu nanti, demi tercipta pemilu yang berkualitas.

“Saya pun mengingatkan kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Pemerintahan Negara (APN) agar tidak ikut-ikutan berpolitik praktis. Mari pergunakan hak pilih sebaik-baiknya, tanpa harus terlibat langsung dalam mendukung calon tertentu,” pesan Ida.

Ia menambahkan, diingatkannya pula kepada TNI dan Polri untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu nanti berikut  membantu pengamanan dan keamanan pemilu mendatang.

Ketua KPU Hendri mengatakan deklarasi damai ini adalah kegiatan KPU yang dilaksanakan serentak secara nasional.

“Deklarasi damai ini kita gelar guna mewujudkan komitmen bersama, agar selama pelaksanaan kampanye peserta pemilu dapat mentaati aturan demi menjaga keamanan bersama. Karena kita menargetkan semua peserta dapat hadir, terutama pimpinan parpol dan ketum hadir,” katanya

Lanjut hendri, dilaksanakannya penandatanganan kesepakatan pelaksanaan kampanye damai ini, selain menandatangani deklarasi tersebut, seluruh pimpinan parpol juga akan membacakan poin-poin kesepakatan dalam deklarasi damai, diantaranya saling menghormati antar peserta pemilu dan melaksanakan kegiatan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia mengharapkan pula agar seluruh peserta pemilu dapat tunduk dan taat kepada peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kampanye serta akan menjaga ketertiban dan kondusivitas dalam setiap kegiatan kampanyenya. Menyelesaikan masalah yang terjadi dengan jalan musyawarah mufakat dan menghindari segala bentuk kekekerasan, intrik, intimidasi dan provokasi untuk meraih kemenangan.

“Deklarasi damai ini merupakan bentuk sosialisasi kampanye terbuka, mengingat pelaksanaannya tinggal selama 21 hari,” ujarnya.

Pantauan di lapangan selain pelaksanaan penandatanganan deklarasi damai, para pengurus parpol pun melakukan pawai keliling kota dan arak-arakan yang diikuti seluruh parpol yang ada berikut simpatisan.

 

TEKS    : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster