Kotak Suara Mulai Dirakit

 180 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muaraenim mulai merakit kotak suara, untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014. Kotak suara tersebut menurut Sekretaris KPU Muaraenim, Panca Surya Diharta, jika telah dirakit barulah akan di distribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jika sudah selesai dirakit, kotak suara ini kita distribusikan ke TPS melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS). Di Muaraenim sendiri, ada 326 PPS sesuai dengan jumlah desa/kelurahan,” kata Panca yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (14/3).

Menurutnya, kemungkinan kotak suara itu akan diditribusikan ke PPS pada akhir Maret nanti.Nantinya jelas Panca, setiap TPS akan ada empat kotak suara yang dikirim yakni kotak suara untuk  DPRD Muaraenim, DPRD Sumsel, DPR RI dan DPD.  “Jumlah TPS di Muaraenim sendiri, ada 1.377 TPS. Artinya, kita butuh 5.508 kotak suara,” ucapnya.

Sementara untuk bilik suara sambungnya, akan menggunakan dua jenis bahan yakni berbahan almunium dan kardus. Bilik suara berbahan almunium akan digunakan di TPS di daerah pemilihan (dapil) I yang meliputi Kecamatan Muaraenim,Ujanmas, Benakat, Gunung Megang dan Belimbing.

Kemudian dapil III meliputi Kecamatan Gelumbang, Lembak, Belide Darat, Kelekar, Sugai Rotan dan Muara Belide. Selanjut dapil IV meliputi Kecamatan Rambang Dangku, Lubai, Rambang dan Lubai Ulu, serta dapil V meliputi Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, SDL, SDT dan SDU.

“Sementara dapil II meliputi Kecamatan Talang Ubi, Tanah Abang, Abab, Penukal, dan Penukal Utara, akan menggunakan bilik suara dari kardus, agar lebihmudah pemantauannya, sebab bilik suara berbahan alumunium yang kita miliki, jumlahnya terbatas,” urainya.

Sebelumnya, Ketua KPU Muaraenim, Rohani mengatakan jumlah surat suara seluruhnya sudah lengkap. Surat suara DPRD Muaraenim untuk dapil II, yang sebelumnya mengalami kekurangan sebesar 14.714 surat suara sudah dikirim.

Begitu juga surat suara DPD untuk Sumsel II, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten yang sebelumnya masing-masing mengalami kekurangan 13.667 surat suara, semuanya telah dipenuhi. “Jumlah surat suara yang ada sebenyak 543.688 setelah ditambah surat suara cadangan sebesar dua persen. Sedangkan jumlah DPT sebanyak 533.027 mata pilih,” tukasnya.

 

TEKS            : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster