Jadi Jurkam dalam Kampanye Akbar, Mayoritas Kepala Daerah & Wakilnya Cuti

 248 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Mayoritas kepala dan wakil kepala daerah di Sumsel, dipastikan mengambil cuti untuk menjadi juru kampanye (jurkam) bagi partainya masing-masing. Itu didapatkan, setelah surat izin cuti yang sebelumnya diajukan oleh masing-masing kepala dan wakil kepala daerah itu ke Gubernur Sumsel, Jumat (14/3), sudah keluar.

Kepala Biro (Karo) Otonomi Daerah (Otoda) Pemprov Sumsel, H Yusnin menyebut sesuai aturan cuti untuk kampanye bagi bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota diajukan ke gubernur. Sementara untuk gubernur/wakil gubernur, izin cutinya dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Izin cuti, untuk bupati/wakil bupati dan wali kota/ wakil wali kota di Sumsel, sudah keluar. Mereka hanya di izinkan mengambil cuti selama dua hari dalam satu minggu. Kepala daerah dan wakil kepala daerah, dilarang untuk melakukan cuti secara bersamaan,” kata Yusnin yang dibincangi kemarin.

Sementara untuk gubernur dan wakil gubernur jelasnya, akan diambil SK nya langsung ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kita hari ini akan terbang ke Jakarta, guna mengambil SK yang katanya akan dikeluarkan hari ini oleh Kemendagri,” terangnya.

Ia menyebut, Izin cuti gubernur yang ditetapkan pada tanggal 17, 20, dan 27 Maret serta 1-3 April. Kemudian jadwal wagub yakni hanya dua hari yaitu tanggal 19 dan 25 Maret. “Mereka yang biasanya mengajukan cuti kampanye tersebut, merupakan pimpinan parpol di daerahnya masing-masing. Ada juga yang ditunjuk parpolnya, sebagai jurkam nasional,” ujarnya.

Di tempat berbeda, Wali Kota Palembang, Romi Herton menyebut ia sudah mengajukan cuti ke Gubernur Sumsel, untuk menjadi jurkam bagi PDI Perjuangan pada masa kampanye Pileg.  “Saya tidak akan mengambil cuti lama-lama, paling satu hari kerja saja. Itu juga ketika kampanye akbar,” ucap Romi.

Sebagai Ketua DPC PDIP Palembang menurutnya, ia mempunyai trik sendiri dalam memenangkan partai berlambang banteng gemuk dalam lingkaran itu di metropolis. Ia menargetkan perolehan kursi PDIP akan meningkat. “Saya memastikan perolehan kursi PDI Perjuangan di DPRD Kota Palembang akan meningkat. Sebelumnya hanya sembilan kursi, kita targetkan mencapai 26 kursi,” ujarnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palembang, Yan Sabar Sihotang menambahkan, selai wali kota, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo juga mengambil cuti untuk menjadi jurkam bagi partainya.  “Kemungkinan besar wawako mengajukan cuti selama tiga hari, “ tukasnya.

TEKS              : IMAM M/ALAM T

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

Daftar Cuti Bupati/Wabup dan Wako/Wawako di Sumsel :

  1. Bupati Lahat, Saifudin Aswari (Ketua DPD Golkar Lahat), 18 dan 26 Maret – 3 dan 4 April.
  2. Bupati OKI, Iskandar (Ketua DPW PAN Sumsel), 20,21,26, dan 27 Maret – 1 dan 4 April.
  3. Bupati Empat Lawang, Budi Antoni Aljufri (Ketua DPD Golkar Empat Lawang), 18,20,24, dan 31 Maret – 3 dan 4 April.
  4. Bupati OI, H Mawardi Yahya (Ketua DPD Golkar OI), 17 dan 20 Maret – 3 April.
  5. Wabup OI, Daud Hasyim (Ketua DPC PPP OI), 22 dan 24 Maret.
  6. Wako Palembang, Romi Herton (Ketua DPC PDI-P Palembang), 28 Maret.
  7. Wawako Palembang, Harnojoyo (Ketua DPD Partai Demokrat Palembang), 21 dan 25 Maret – 1 April.
  8. Wako Prabumulih, Ridho Yahya (Ketua DPD Gokar Kota Prabumulih), 18 dan 24 Maret – 3 April.
  9. Wawako Prabumulih, Andriansyah Fikri (Ketua DPC PDI-P Prabumulih), 17 dan 28 Maret dan 2 April.
  10. Bupati Muba, Pahri Azhari (Ketua DPD PAN Muba), 4 dan 5 April.
  11. Wabup Muba, Benny Hernedi (Ketua PDI-P) 19 dan 28 Maret dan 1-2 April.
  12. OKU Selatan, Muhtadin Sera’i (Ketua DPD Golkar OKU Selatan), 17,19, dan 26 Maret – 3 April.

Catatan : Bupati Banyuasin Belum Mengajukan Cuti.

*Sumber : Biro Otoda Pemprov Sumsel

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster