Dishub & Polres Sisir Sopir Angkot Bandel

 418 total views,  2 views today

PAGARALAM – Upaya menata ruas jalan di dalam kota yang semrawut, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Pagaralam menerjunkan puluhan personil, untuk melakukan penindakan terhadap sejumlah sopir angkutan umum yang kerap membuat terminal sendiri atau terminal ilegal.

Hal itu dikemukakan Kepala Dishubkominfo Kota Pagaralam, Paber Napitupulu, ketika dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (14/3.Menurut Paber, sejauh ini pihaknya tengah berupaya menata sejumlah ruas jalan dengan menerjunkan puluhan personil, dengan dibantu Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kota Pagaralam.

Tim tersebut terangnya, menyisir sejumlah sopir angkutan kota dan angkutan pedesaan (angkot/angdes), yang  kerap membandel dengan mencari penumpang (ngetem) disejumlah titik padat pengunjung.

“Sejauh ini kita tengah mengintensifkan penertiban di sejumlah pusat keramaian seperti Simpang Asam, Jalan Trip Yunus, Pasar Dempo Permai  hingga eks Pasar Seghepat Seghendi. Karena jalur ini, biasa dimanfaatkan sopir angkutan umum untuk menaik dan menurunkan penumpang, hingga menjadikan ruas jalan yang ada menjadi macet, bahkan terkesan semrawut,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan ini diterapkan dalam rangka penertiban agar para sopir angkot/angdes tidak lagi membuat terminal sendiri. Termasuk meminimilisir  adanya angkutan gelap yang tidak memiliki izin trayek.

“Kita menerjunkan dua petugas bersama dua personil Satlantas untuk berjaga-jaga di sejumlah titik padat pengunjung.Meski begitu, bila masih ada dijumpai angkot/angdes yang membandel, kita tidak akan segan-segan menindaknya,” tegas Paber.

Ia mengatakan, penertiban terminal bayangan  ini dilakukan sebagai bentuk menertibkan  sejumlah trayek yang ada. Karena saat  ini, angkutan umum dengan trayek tidak jelas atau kendaraan dengan pelat hitam mulai marak kembali.

“Sebetulnya penertiban arus lalu lintas ini, bertujuan untuk memperjelas mana angkutan yang boleh atau tidak masuk kedalam kota untuk mencari penumpang,” jelasnya seraya berkata, langkah ini setidaknya dapat meminimilisir  terjadinya kemacetan di kawasan dalam kota.

Sementara itu, Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Saut P Sinaga yang dibincangi terpisah menyebut Polres mendukung penuh program Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, dalam menertibkan lalu lintas.

“Kita ikut membantu pelaksanaan penertiban lalu lintas ini, dengan menerjunkan sejumlah personil Satlantas, guna  berjaga-jaga disejumlah kawasan pusat keramaian seperti terminal hingga  kawasan Pasar Dempo Permai dan lainnya,” tukasnya.

 

TEKS             : ANTONI STEFEN

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster