Riau Kirim Kabut Asap ke Sumsel

 214 total views,  2 views today

PALEMBANG – Kabut asap sudah mulai terlihat masuk ke sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel), diantaranya di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Banyuasin. Kabut asap tersebut menurut Kepala UPTD Kebakaran Lahan dan Hutan, Dinas Kehutanan (Dishut) Sumsel, Taufik, adalah kabut asap kiriman dari kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Riau.

Menurut Taufik, dari pantauan Dishut, saat ini di Sumsel belum terpantau adanya titik api (hotspot). Namun beberapa hari lalu terangnya, terpantau ada dua titik api di Kabupaten OI. “Ini asap kriman dari Riau, di Sumsel baru ditemui dua titik hot spot beberapa hari lalu. Sedangkan semalam, dari pantauan satelit tidak didapati titik hotspot sama sekali,” kata Taufik dibincangi, Kamis (13/3).

Dishut terangnya, baru saja melakukan rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPBD dan sebagainya. Dari rapat tersebut, mulai besok Dishut akan membangun posko di sejumlah daerah di Sumsel, yang disinyalir rawan kebakaran lahan.  Selain itu patroli juga akan di gelar setiap harinya.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan perusahan-perusahaan perkebunan agar tidak melakukan pembakaran lahan.  Dan harus aktif ikut serta mengawasi lahannya agar tidak terjadi kebakaran lahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumsel, Yulizar Dinoto sebelumnya mengatakan, dampak kabut asap yang terjadi di Riau sedikit demi sedikit sudah menjalar ke Sumsel. Hal itu terjadi karena arah angin menuju wilayah Sumsel.

“Beberapa hari terakhir asap yang kita lihat memang nampak nyata, tapi untuk sementara ini belum begitu mengganggu akses transportasi secara spesifik. Maka dari itu, kita menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menghadapi hal ini,” ujar Yulizar.

Untuk saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Bahkan lanjut Yulizar, sejauh ini sudah disiapkan penanggulangan terhadap hotspot yang terpantau itu, supaya segera ditinjau dan bersiaga di sekitaran lokasinya agar sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan, maka BPBD siap menuntaskannya.

 

TEKS            : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster