Pendidikan Harus Diprioritaskan

 294 total views,  4 views today

Achmad Hafisz Tohir

Achmad Hafisz Tohir

PALEMBANG – Tidak ada negara dibelahan dunia ini, yang maju tanpa memperhatikan pendidikannya. Karenanya, pendidikan harus menjadi prioritas dan nomor satu di Sumatera Selatan (Sumsel), agar Sumsel menjadi provinsi terdepan di Indonesia.

Hanya dengan cara itu menurut calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel 1, Achmad Hafisz Tohir, Sumsel bisa maju. “Maju atau tidaknya Sumsel, sangat tergantung dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) nya. Berkualitas atau tidaknya SDM Sumsel, sangat tergantung dengan mutu pendidikannya. Karenanya pendidikan, harus jadi prioritas,” kata Hafisz dibincangi, Kamis (13/3).

Karenanya adik kandung Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa ini mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, untuk memprioritaskan pendidikan dalam pembangunan di Sumsel.

“Pemprov Sumsel bersama pemerintah kabupaten/kota, harus menyediakan pelayanan pendidikan. Sehingga masyarakat bisa menempuh pendidikan, hingga jejang lebih tinggi. Itu sudah dilakukan oleh pemprov, namun harus lebih ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Politisi PAN itu menerangkan, program sekolah gratis yang dilaksanakan pemprov bersama pemerintah kabupaten/kota di Sumsel, dengan memberikan subsidi biaya pendidikan untuk pelajar di Sumsel mulai dari tingkat SD sederajat sampai SMA sederajat, patut diapresiasi.

Begitu juga dengan program kuliah gratis, menurutnya harus mendapatkan dukungan. “Tetapi, program ini harus benar-benar dirasakan semua lapisan masyarakat di Sumsel. Kalau di perkotaan pasti akan menikmatinya, karena kemudahan akses transportasi dan informasi. Bagaimana di daerah yang sulit dijangkau, itu yang harus juga dapat perhatian dan jaminan,” ujarnya.

Peningkatan kualitas pendidikan ini sambungnya, tidak hanya sifatnya dengan membebaskan biaya pendidikan saja tetapi juga harus memperhatikan infrastruktur yang lain. Misalnya, kelengkapan sarana dan prasana belajar.

“Begitu juga dengan kesejahteraan guru, baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), honorer maupun guru yang mengajar di sekolah-sekolah swasta harus dan wajib mendapatkan perhatian pemerintah, untuk kesejahteraanya,” tegas mantan calon  wakil gubernur (Wagub) Sumsel ini.

 

TEKS            : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster