Himbau Jangan Minum Miras, Apalagi Oplosan

 265 total views,  2 views today

Ilustrasi Botol MIras

Ilustrasi Botol MIras

PALI – Minuman keras (miras) memakan korban jiwa di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Wilayah Talang Ubi inipun dibuat geger lantaran itu. Sebabnya, tidak hanya menewaskan satu orang.

Empat orang tewas beruntun diduga lantaran menenggak miras yang diduga dicampur-campur alias oplosan.

Kabar tewasnya empat orang tersebut juga terdengar sampai ke luar wilayah Pali. Bahkan kasus ini menyita perhatian masyarakat Sumsel lainnya. Aparat kepolisian Polres Muaraenim pun turun tangan menangani kasus yang masuk dalam skala nasional ini.

Untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, Kapolres Muara Enim melalui Kasat Reskrim Polres Muaraenim AKP Eryadi menyampaikan himbauan kepada masyarakat PALI lainnya, agar tidak mengkonsumsi narkoba, miras apalagi yang oplosan.

Menurutnya, kasus kematian empat pemuda di Talang Ubi patut dijadikan pelajaran berharga. “Karena selain mengganggu kesehatan tubuh, hal tersebut juga bisa membunuh. Kasus ini kita jadikan contoh dan pelajaran,” katanya.

Miras sendiri, jelas dia, sudah memiliki citra negatif dalam masyarakat karena dampak yang ditimbulkan setelah maupun saat menggunakannya. “Tak sedikit dari orang yang mengkonsumsi miras akan berbuat negatif. Sebab memang miras itu dapat menimbulkan efek berani dan pede,” jelasnya.

Namun memang, kesadaran masyarakat akan miras memang belum begitu kuat. Dimana masih banyak kasus-kasus yang menyangkut dengan miras. Tak hanya di perkotaan, di pedesaan juga demikian.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai langkah untuk mendukung kegiatan pemerintah akan bahaya Miras serta mendukung aparat dalam hal pemberantasan Miras ini, masyarakat juga diminta untuk ikut menggemborkan gerakan anti miras, melalui penyuluhan ataupun disampaikan pada saat acara-acara hajatan.

“Target yang paling potensial adalah anak muda dan remaja. Karena selain merekalah yang sering minum miras, mereka juga generasi penerus dan mereka-mereka juga yang nanti akan mensukseskan daerah ini,” pungkasnya.

 

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster