Desember 2014, DPRD PALI Terbentuk

 278 total views,  2 views today

 

PALI – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Muaraenim, Rohani SH didampingi Isa Ansori SE, dari Divisi Sosialisasi dan Kampanye, memperkirakan, lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Otonomi Baru Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir (DOB PALI) akan terbentuk akhir tahun 2014.

Rohani mengatakan, pembentukan lembaga DPRD PALIini akan menunggu hasil pemilu April 2014 mendatang.

Sesuai sesuai undang-undang No 7 tahun 2013 tentang DOB PALI, sambungnya, paling lambat empat bulan setelah pelantikan anggota DPRD hasil pemilu 2014, seluruh anggota DPRD dari Kabupaten induk yang terpilih akan dikembalikan ke daerah pemekaran.

“Diperkirakan Desember atau sekitar empat bulan setelah pelantikan DPRD PALI ini terbentuk. Seluruh anggota dewan dari daerah pemilihan (dapil) 2 Kabupaten Pali akan ditarik ke daerah ini darikabupaten induknya, Muaraenim.” ungkap keduanya saat berkunjung ke Bumi Serepat Serasan (julukan Kabupaten Pali) menghadiri acara pembentukan Linmas di Lapangan Gelora 10 November Komperta Pendopo, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, untuk menentukan jumlah anggota dewan, ada rasionya. Dalam hal ini melihat BPP (bilangan pembagian). Namun yang jelas, 10 anggota dewan dari dapil ini akan langsung ditarik (ke Pali).

Karena jumlah penduduk di PALI lebih dari 200 ribu, akan ditambah 15 anggota dewan lagi, sehingga total menjadi 25 orang.

“Mengisi kekosongan di dewan Muaraenim, kia juga akan melihat BPP. Nanti dilihat suara terbanyak. Untuk dari dapil Pali sendiri ada BPP lagi, namun tidak menutup kemungkinan mengisi kekosongan dari Pali akan lebih dari lima partai,” jelas mereka.

Terkait dengan surat suara, dikatakan Rohani, jumlahnya sudah lengkap. Dimana jumlahnya sebanyak 533.027 lembar surat suara ditambah dua persen surat suara cadangan. Untuk di Pali sendiri terhitung da 331 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah mata pilih sebanyak 121.541.

Untuk distribusi ke PALI sendiri, ditegaskan dia, akan dilakukan secepatnya. Saat ini, pihaknya sedang dalam proses perakitan kotak suara. Juga sedang menunggu formulir, segel dan alat bantu tuna netra dari Propinsi.

“Distribusi ke PALI akan kita lakukan secepatnya. Namun yang jelas logistik ini sampai ke KPPS minimal satu hari sebelum pencoblosan,” tandas dia.

 

Teks          : Indra Setia Haris

Editor        : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster