Bandara Atung Bungsu Resmi Beroperasi

 514 total views,  2 views today

Walikota Pagaralam pose bersama Unsur Muspida ssat Peremian Bandara atung bungsu

Walikota Pagaralam pose bersama Unsur Muspida ssat Peremian Bandara atung bungsu

PAGARALAM –  Upaya mempersingkat jarak tempuh menuju Kota Pagaralam atau lebih dikenal dengan sebutan  Bumi Besemah yang selama ini ditempuh lewat jalur darat membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam antara  Palembang-Pagaralam, kini hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit.  Pesawat terbang jenis cassa milik Susi Air bermuatan sekitar 20 penumpang, mulai melakukan penjajakan route penerbangan Bengkulu-Pagaralam-Palembang, Kamis (13/3).

Peluncuran perdana maskapai penerbangan Susi Air di Bandara Atung Bungsu Kota Pagaralam berlangsung sukses dengan dihadiri Wali Kota Hj Ida Fitriati, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rifai SE, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muslimin SE MSi, Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani SE, Wakil Walikota Novirzah Djazuli SE, Kapolres AKBP Saut P Sinaga SIK, Kajari Ranu Indra SH, mantan Walikota H Djazuli Kuris, para Asisten Setdako, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian, Tokoh Mayarakat, LSM, OKP dan undangan lainnya, Kamis, (13/3).

Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, setelah penerbangan ini sukses nanti akan diatur jadwal penerbangan minimal satu minggu sekali dengan route Bengkulu-Pagaralam-Palembang.

“Saat ini kita mulai uji coba penerbangan pesawat Susi Air guna melayani  masyarakat Pagaralam, Bengkulu dan Palembang,” ujarnya.

Kedepan lanjut Ida, adanya landasan pacu (runway) akan diperpanjang dari 1.460 meter menjadi 2.200 meter. Kendati demikian, prosesnya pengembangannya akan dilakukan secara bertahap sehingga pesawat lebih besar lagi dapat mendarat seperti jenis boing.

“Sejauh ini kita telah membebaskan sekitar 268 hektare untuk landasan pacu dan pembangunan fasilitas bandara sehingga benar-benar dapat menjadi penunjang transportasi di Kota Pagaralam dan sekitarnya,” terangnya seraya berujar masyarakat Pagaralam patut berbangga dengan adanya fasilitas udara ini, karena semakin mudah menunjang perekonomian di masyarakat.

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Pagaralam Paber Napitupulu SSTP MSi mengatakan, pesawat Susi Air berangkat dari Bengkulu pukul 08.30 WIB, tiba di Kota Pagaralam sekitar pukul 09.10 WIB dan kemudian akan langsung meneruskan penerbangan menuju Palembang.

“Penerbangan perdana Pagaralam-Palembang ini akan membawa para rombongan yang dipimpin Wali Kota Hj Ida Fitriati Basjuni, Wawako Novirzah Djazuli SE, Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani SE, para Kepala Dinas, Badan dan termasuk unsur Mudpida lainnya,” kata Paber.

Menurutnya,  bagi siapa saja yang ingin ikut uji coba ini tidak akan dikenai biaya, karena biaya tersebut ditanggung Pemkot Pagaralam pada penerbangan perdana ini.

“Rombongan ini berjumlah sekitar 20 orang mewakili dari beberapa komponen masyakat sebagai bukti bila Bandara Atung Bungsu sudah siap beroperasi,” ujarnya. (ADV)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster