Pemegang IUP Harus Setor Royalti

 146 total views,  2 views today

Ilst. Pajak

Ilustrasi | Ist

SEKAYU – Seluruh pemegang Ijin Usaha Pertambangan (IUP) yang beroperasi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dihimbau agar segera menyetor royalti perusahaannya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba.

Himbauan ini disampaikan Bupati Muba, H Pahri Azhari saat memimpin Rapat Teknis Pemkab Muba dengan perusahaan pemegang IUP Batubara di Kabupaten Muba, di ruang rapat Bupati Muba, Rabu (12/3).

Dalam kesempatan itu, Pahri juga menghimbau kepada setiap perusahaan pertambangan yang melakukan kegiatan operasional di wilayah Muba, agar dapat melakukan izin perusahaan pertambangan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan di tetapkan oleh Pemkab Muba.

Menurutnya, saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mulai memonitoring daerah-daerah yang mempunyai perusahan pertambangan mineral, termasuk pertambangan batubara.

“Pemkab Muba telah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang ijin usaha pertambangan yang jelas. Hendaknya, perda ini dipatuhi dan dilaksanakan, oleh perusahaan pertambangan sehingga Pemkab Muba mempunyai laporan yang jelas,” tegas Pahri seperti dikutip beritamuba.com.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Pertambangan (Distamben) Kabupaten Muba, Zulfakar, menegaskan kepada perusahaan yang belum mempunyai IUP untuk segera melunasi royalty perusahaannya kepada pihak Pemerintah Kabupaten Muba.

Menurutnya, sebagian besar perusahaan batubara yang melakukan pertambangan di wilayah Kabupaten Muba yang tidak membayar royalti adalah perusahaan yang belum masuk kategori Clean and Clear (CnC).

“Data Distamben Muba, jumlah IUP di Muba saat ini sebanyak 27 perusahaan pertambangan, yang sudah memegang IUP, mereka kita harapkan bisa membayarkan kewajibannya terhadap Pemkab Muba, yakni membayarkan royalti,” tukasnya.

 

TEKS              : BAGUS SANTOSO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster