Pagaralam Dukung Provinsi Subagselteng

 2,098 total views,  2 views today

Peta Sumsel

Peta Sumsel

PAGARALAM – Adanya wacana pembentukan Provinsi Sumatera Selatan Bagian Tengah (Sumbagselteng), yang merupakan program strategis, Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni begitu mengharapkan hal itu terwujud. Mengingat sebentar lagi Lapangan Terbang (Lapter) Atung Bungsu akan segera dioperasikan.

“Jika program pembentukan Provinsi Sumbagteng terwujud, tentunya begitu menguntungkan Pagaralam. Apalagi, Kamis (13/3), jika tidak ada aral melintang, rencananya akan dilaksanakan pekan perdana (Launching) pengoperasian maskapai penerbangan Susi Air di Lapter Atung Bungsu,” kata Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, kemarin saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbangda) tingkat Kota Pagaralam tahun 2014.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan daerah lain, wilayah sumatera Bagian Tengah Pagaralam cukup potensial memiliki lapangan terbang bila provinsi baru benar-benar terwujud.

“Pastinya kita sudah siap jika provinsi baru terwujud, setidaknya menyiapkan fasilitas pendúkung seperti jalan, sarana transportasi dan infrastruktur lainnya,” ujarnya.

Kendati demikian kata Ida Fitriati didampingi Kepala Bappeda Ir Hj Zaitun MSi, program ini harus direncanakan dengan matang dan tepat sasaran seperti yang dilakukan melalui Musrenbangda .

“Musrenbangda merupakan wadah bersama antara pelaku pembangunan tingkat Kota Pagaralam guna menentukan prioritas program kegiatan pembangunan, yang merupakan hasil forum Rencana Kerja Pembangunan Daerah, sekaligus mensinkronkan dan mensinergikan usul prioritas program kegiatan pembangunan untuk 2015 mendatang,” terangnya seraya menambahkan hasil penjaringan aspirasi masyarakat mengakomodir usul Musrenbang kecamatan kemudian ditambah hasil kunjungan kerja Walikota dan para angota DPRD Kota Pagaralam didapat hasil, 356 program dan 1552 kegiatan dengan dana sebesar Rp 397.014.251.922.

Ida menambahkan, kepada seluruh elemen masyarakat marilah bersama-sama membangun Kota Pagaralam melaui kerja cerdas dan kerja ihklas sesuai tugas dan peran masing-masing. Karena pembangunan itu bukan hanya tugas Pemerintah Kota Pagaralam saja.

Adapun peserta Musrenbang sambung Zaitun, terdiri dari SKPD, Lurah, DPRD Kota Pagaralam, BAPPEDA Provinsi Sumsel, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumsel, Dinas Pariwisata Sumsel, JICA Perguruan Tinggi, BUMN/BUMD, instansi vertikal, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Wanita.

“Kita sudah rancang program kerja 2014 yang benar-benar dapat mendukung kemajuan Sumsel termasuk bidang pariwisata, apalagi Bumi Besemah ini merupakan daeran yang memiliki daya tarik tersendiri dalam sektor wisata,” ujarnya seraya berkata termasuk adanya peran JICA dalam menyamakan persepsi untuk sama-sama menjaga lingkungan.

 

TEKS:ANTONI STEFEN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster